Bisnis Tekno

Mau Berbagi Lokasi Pakai WhatsApp saat Mudik? Ini Caranya

Masalah tersebut ternyata bisa diatasi dengan mudah. Yang dibutuhkan oleh Anda hanyalah smartphone dan juga aplikasi WhatsApp.

Mau Berbagi Lokasi Pakai WhatsApp saat Mudik? Ini Caranya
kompas.com
Antarmuka menu di Settings WhatsApp di iOS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dalam perjalanan mudik, kita bisa saja terpisah dari anggota keluarga atau rombongan mobil. Ada juga momen di mana sedang janjian dengan teman perjalanan, tetapi tidak mengetahui lokasi pasti dari tempat bertemu.

Masalah tersebut ternyata bisa diatasi dengan mudah. Yang dibutuhkan oleh Anda hanyalah smartphone dan juga aplikasi WhatsApp.

Loh, bukankah WhatsApp itu aplikasi untuk berkirim pesan alias chatting? Kok bisa digunakan untuk mencari lokasi teman?

WhatsApp ternyata memiliki fitur untuk berbagi lokasi ke contact lain. Fitur tersebut dimungkinkan dengan memanfaatkan kemampuan smartphone masa kini yang dapat menerima sinyal dari satelit GPS.

Menariknya, seperti fitur-fitur lain yang ada di WhatsApp, kemampuan berbagi lokasi ini cross-platform. Artinya, layanan ini bisa digunakan antar-perangkat smartphone yang berbeda sistem operasi. Contohnya, dari WhatsApp di perangkat Android ke iOS, begitu juga dengan sebaliknya.

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur tersebut?

Bagi pengguna Android, buka aplikasi WhatsApp. Kemudian, mulai percakapan dengan pengguna yang ingin dibagikan lokasi Anda.

Setelah itu, tekan tombol attachment berbentuk klip kertas. Biasanya, tombol tersebut ada di kotak chat atau percakapan. Setelah diklik, langsung saja tekan "Location".

Apabila Anda menggunakan fitur ini untuk pertama kalinya, akan keluar sebuah kotak pertanyaan yang intinya sistem meminta izin untuk mengakses lokasi Anda (GPS). Klik saja "Allow".

Terakhir, klik saja "Send your current location".

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help