BanjarmasinPost/
Home »

Video

News Video

NEWSVIDEO: Seleksi Zonasi Siswa PPDB Online SMP Gunakan Google Maps

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tingkat SMP di Kota Banjarmasin dimulai Senin (19/6/2017).

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tingkat SMP di Kota Banjarmasin dimulai Senin (19/6/2017).

Melalui Permendikbud nomor 17 tahun 2017, Kementerian Pendidikan mewajibkan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru.

Berbeda dengan zonasi di tingkat SMA, zonasi di tingkat SMP dinilai berdasarkan bobot nilai yang dihitung dari jarak rumah ke sekolah, tanpa melihat batas administrasi wilayah kecamatan.

Makin dekat, makin tinggi peluang masuk ke sekolah yang dituju, tanpa melihat batas administrasi kecamatan.

"Kami tetap terima saja siapapun dan darimanapun yang mendaftar. Namun nanti akan dirangking sesuai dengan bobot nilainya berdasarkan jarak rumah dan sekolah," kata Buchori Kepala SMPN 1 Banjarmasin.

Perhitungan bobot sendiri dibantu menggunakan aplikasi Google map.

Di dalam ruangan komputer, para siswa dan orangtua yang melamar melihat sendiri perhitungan jarak rumah dengan sekolah.

Jarak rumah dan sekolah ditarik melalui garis lurus untuk melihat jarak.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto mengatakan, pihaknya sendiri tak bisa membendung pelamar dari manapun untuk mendaftar.

Namun, yang harus dipahami adalah sudah ditentukan bobot nilai berdasarkan radius. Totok menilai, hal ini lantaran masih banyak orangtua yang belum memahami hal tersebut.

"Peserta memang diberi kesempatan daftar dua sekolah, jadi silahkan saja daftar dimana. SMPN 1 sepertinya memang masih jadi tujuan utama. Di SMPN 2 Banjarmasin agak dikit yang daftar. Namuni dinilai berdasarkan jarak. Jadi nanti tetap jarak yang mempengaruhi dalam proses seleksi," terangnya saat melakukan peninjuan pelaksanaan PPDB online di SMAN 2 Banjarmasin. (BANJARMASINPOST.co.id/rahmadhani)

Penulis: Rahmadhani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help