BanjarmasinPost/

Bikin Orangtua Bingung

Kami sebagai orangtua sudah pasti ingin memasukkan anaknya ke sekolah lanjutan yang lebih bagus atau ke sekolah favorit

Bikin Orangtua Bingung
Bpost/Rizali
Public Services

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Yth. Kadisdik Kalsel. Terkait dengan zonasi penerimaan siswa baru SMP/SMA, kami sebagai orangtua sudah pasti ingin memasukkan anaknya ke sekolah lanjutan yang lebih bagus atau ke sekolah favorit. Namun dengan diberlakukannya sistem zonasi, membuat orangtua murid jadi sangat bingung.

Kalau pun sistem zonasi tetap harus diberlakukan yang bertujuan untuk menghilangkan kesan sekolah favorit, seharusnya pemerintah juga harus melakukan pemerataan guru didiknya dan kepala sekolahnya. Caranya dengan mutasi/rotasi guru-guru didik dan kepala sekolahnya ke sekolah-sekolah yang ada di tingkat kabupaten. Jadi, jangan hanya calon murid baru yang terkesan dipaksakan harus menempati sekolah yang sesuai zonasi.
082243677xxx

TANGGAPAN:

PERTAMA-TAMA dapat kami kemukakan bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, wewenang/urusan pendidikan dasar (SD dan SMP) berada pada dinas pendidikan kabupaten/kota.

Oleh karena itu, segala persoalan mengenai pendidikan dasar dapat dimintakan penjelasannya kepada kepala dinas pendidikan kabupaten/kota masing-masing.

Terkait pengelolaan SMA yang merupakan bagian dari wewenang/urusan yang kami tangani, dapat kami jelaskan bahwa sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA pada dasarnya adalah dalam kerangka implementasi Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017. Sedangkan maksud dan tujuan dari penerapan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 dimaksud pada dasarnya sudah dapat Saudara pahami.

Saran Saudara tentang pemerataan guru, merupakan masukan bagi kami. Namun dalam konteks ini perlu disadari oleh Saudara, bahwa dalam melakukan upaya pemerataan guru harus mempertimbangkan berbagai aspek (secara komprehensif), tidak hanya pada aspek tertentu. Demikian penjelasan dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

DRS HM YUSUF EFFENDIE MAP
Kadisdik dan Kebudayaan Kalsel

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help