BanjarmasinPost/

Berita Banjarmasin

IJTI Kalsel Gelar Susur Sungai Sambil Berbagi

Dalam aksi sosial di Sungai Martapura ini, mereka membagikan total 50 paket sembako dan Alquran.

IJTI Kalsel Gelar Susur Sungai Sambil Berbagi
Istimewa
Para jurnalis IJTI Kalsel membagikan paket sembako dan kitab suci Alquran kepada masyarakat tidak mampu di pesisir Sungai Martapura. 

BANJARMASIN,CO.ID, BANJARMASIN - Saat Ramadan seperti sekarang, berwisata susur sungai di Kota Banjarmasin, juga bisa dilakukan sambil beramal. Seperti dilakukan pengurus dan anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalsel.

Sambil berwisata, para jurnalis ini membagikan paket sembako dan kitab suci Alquran kepada masyarakat tidak mampu di pesisir Sungai Martapura. Khususnya warga lanjut usia.

Susur Sungai Martapura, dilakukan pengurus dan anggota IJTI Kalsel dengan menumpang kelotok (perahu bermesin, red), mulai dari dermaga Siring Taman Nol Kilometer Banjarmasin, di Jalan Sudirman, hingga kawasan Mantuil.

Dalam aksi sosial di Sungai Martapura ini, mereka membagikan total 50 paket sembako dan Alquran. Untuk satu paket sembako, berisi minyak goreng, gula pasir, susu kental manis, teh dan mie instan.

Diharapkan, paket sembako ini bisa digunakan para penerima selama menunaikan ibadah puasa.

Untuk Alquran, menurut Ketua IJTI Kalsel, Budi Ismanto, turut dibagikan karena mereka ingin bantuan yang diberikan bisa bertahan lama dan banyak manfaatnya.

Selain itu, menurut Budi, mereka juga ingin membangun semangat literasi kepada masyarakat pesisir sungai. Khususnya, dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam.

"Insya Allah, jika diamalkan oleh orang yang menerimanya, kami juga kebagian pahalanya sampai kapan pun. Kenapa Alquran yang kami pilih untuk dibagikan, karena di sana ada proses literasi dan berpikir. Apalagi, Alquran yang kami salurkan dilengkapi dengan terjemahannya," jelas.

Diakui Budi, bingkisan sembako dan Alquran yang mereka bagikan ini, sebagian dana dari titipan donatur yang dipercayakan ke mereka untuk disalurkan ke masyarakat. Salah satunya, perusahaan Batulicin 69.

Penerima paket sembako dan Alquran dari IJTI Kalsel ini, mengaku senang karena merasa diperhatikan. Salah satunya Rusli, yang bermukim di tepi Sungai Martapura di kawasan Tanjung Harapan, Teluktiram.

Menurutnya, tak banyak bantuan paket Ramadan atau lebaran yang disalurkan lewat jalur sungai seperti dilakukan IJTI ini.

"Rasanya baru satu kali ini, saya dapat bantuan mereka yang pakai kelotok. Mudah-mudahan, banyak lagi yang memperhatikan kami yang ada di pesisir sungai ini," ujar Rusli sambil mengucapkan terima kasih.

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help