BanjarmasinPost/

Mudik Lebaran

Supaya Mudik Anda Selamat, Inilah Tips Aman Pakai Sepeda Motor

Khusus pengendara motor yang ikut pulang ke kampung halaman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan

Supaya Mudik Anda Selamat, Inilah Tips Aman Pakai Sepeda Motor
kompas.com
Pemudik motor terjebak macet di jalur alternatif Karawang-Cikampek, Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (27/7/2014). Arus mudik ke kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur diperkirakan akan masih padat hingga H-1 Lebaran. 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Momen mudik menyambut Lebaran akan diwarnai dengan beragam fenomena di jalan raya. Salah satuya kemacetan dan keramaian di sepanjang jalur mudik.

Khusus pengendara motor yang ikut pulang ke kampung halaman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan di jalan raya. Ini karena kondisi di jalan raya yang berubah-ubah dan jarak tempuh yang jauh.

“Pengendara harus sehat, itu paling utama. Baik jasmani maupun rohani,” ucap Siswanto, intruktur keselamatan Wahana Honda, saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Selain itu paling utama adalah menggunakan perangkat keselamatan secara baik, benar dan lengkap. Mulai dari helm, jaket, celana panjang, sepatu dan sarung tangan,

“Bisa juga ditambah dengan riding gear lain seperti deker kaki dan tangan serta masker dan pelindung dada,” ucap Siswanto.

Apabila pengendara sudah merasakan lelah baiknya segera beristirahat di tempat yang aman dan nyaman. Atur perjalanan untuk berhenti istirahat setiap 2 jam perjalanan.

“Manajemen waktu jadi yang utama. Sediakan waktu istirahat dan jangan mengkonsumsi obat-obatan sebelum berkendara karena dapat mengganggu bila ada efek sampingnya,” ucap Siswanto.

Terakhir, usahakan untuk berkendara pada pagi dan siang hari. Ini untuk menghindari potensi bahaya berkendara jauh di malam hari.

“Jangan hanya menghindari panas matahari, berkendara dimalam hari justru lebih berbahaya. Malam hari pergunakan untuk beristirahat lalu lanjutkan perjalan di pagi hari,” ucap Siswanto.

Berita ini dipublikasikan kompas.com dengan Judul "Tips Ringan Agar Mudik Selamat Pakai Sepeda Motor"

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help