Ekonomi dan Bisnis

Lebaran, Jasa Sepuh Perhiasan Kebanjiran Pelanggan, Perempuan Ini Dapat Rp 400 Ribu

Jaimah sudah berpuluh tahun bergelut di jasa sepuh perhiasan. Sedangkan Imah baru tiga tahun mewarisi keahlian sepuh perhiasan dari bibinya

Lebaran, Jasa Sepuh Perhiasan Kebanjiran Pelanggan, Perempuan Ini Dapat Rp 400 Ribu
dokumen
BPost edisi Sabtu (24/6/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tukang sepuh perhiasan ikut tuai berkah di penghujung Ramadan. Makin mendekati Idulfitri 1438 Hijriah, Hj Jaimah bersama Imah keponakannya terlihat sibuk menyikat perhiasan emas pelanggannya.

Jaimah sudah berpuluh tahun bergelut di jasa sepuh perhiasan. Sedangkan Imah baru tiga tahun mewarisi keahlian sepuh perhiasan dari bibinya. Di toko Zain Fauzan di lantai dasar Pasar Sentra Antasari Banjarmasin keduanya cukup kewalahan melayani antrean pelanggan.

“Hari biasa paling lima enam orang minta sepuh, tapi mendekati Lebaran ini Alhamdulillah ada tiga puluh orang sehari. Kebanyakan orang jauh dari Kandangan, Bati-Bati, juga dari Amuntai,” kata Jaimah.

Jenis perhiasan yang dapat disepuh pun beragam, mulai yang berbahan emas, perak maupun xuping. Xuping merupakan perhiasan dari bahan dasar tembaga murni yang dipoles tanpa campuran bahan lain namun tetap terlihat mengkilap menyerupai emas.

Hampir semua bentuk perhiasan bisa disepuh mulai dari kalung, anting, cincin, gelang dan liontin dari berbagai jenis bahan. Namun mayoritas pelanggan membawa perhiasan berjenis emas untuk disepuh.

Perhiasan yang sudah disepuh terlihat mengkilap dan bersih layaknya baru. Proses yang dilakukan mulai dari membersihkan permukaan perhiasan menggunakan sikat kawat khusus. Selanjutnya perhiasan direndam dalam cairan khusus sambil dialiri tegangan listrik.

Cairan khusus yang digunakan berbeda-beda disesuaikan jenis bahan perhiasannya. Jika emas, cairan yang digunakan dicampur dengan bubuk halus emas 99. Sedangkan untuk perak cairan dicampur dengan air tuba.

Selengkapnya baca harian Banjarmasin Post, Sabtu (24/6/2017), atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

BPost edisi Sabtu (24/6/2017)
BPost edisi Sabtu (24/6/2017) (dokumen)
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved