Berita Nasional

Sore Ini Digelar Sidang Isbat Penetapan Awal Bulan Syawal 1438 H di Kementerian Agama

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kementerian Agama Rosidin Karidi menuturkan bahwa sidang penetapan akan dimulai pada pukul 17.00 WIB.

Sore Ini Digelar Sidang Isbat Penetapan Awal Bulan Syawal 1438 H di Kementerian Agama
Harian Warta Kota/henry lopulalan
ilustrasi.SIDANG ISBAT - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama perwakilan ormas, pemuka agama dan perwakilan negara tetangga ketika jumpapers usai menggelar sidang isbat guna menentukan hari raya Idul Fitri yang jatuh pada 1 Syawal 1437 H di Kemenag Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Agama RI rencananya menggelar sidang isbat terkait penetapan awal bulan Syawal 1438 H, pada Sabtu (24/6/2017).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kementerian Agama Rosidin Karidi menuturkan bahwa sidang penetapan akan dimulai pada pukul 17.00 WIB.

Sidang isbat akan dimulai dengan agenda pemaparan mengacu pada posisi hilal oleh Pakar Astronomi.

 "Hari ini mulai pukul 17.00, akan ada pemaparan biasa oleh pakar astronomi," ujar Rosidin, saat dihubungi wartawan, Sabtu (24/6/2017).

Ia menambahkan, pemaparan tersebut dilakukan hingga menjelang Maghrib.

Kemudian dilanjutkan salat Maghrib dan buka puasa bersama.

Usai buka puasa bersama, sidang pun dilangsungkan secara tertutup.

Kendati berlangsung secara tertutup, namun pemaparan terkait hasil sidang tersebut akan digelar secara terbuka mengacu pada penetapan awal bulan Syawal 1438 H.

"Paparan soal posisi hilal ini sampai jelang Maghrib, lalu salat dan buka bersama, setelah itu sidang tertutup, (namun) pemaparannya terbuka," ujar Rosidin saat dihubungi wartawan, Sabtu (24/6/2017).

Rencananya, sidang isbat tersebut akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin.

Dalam sidang itu, ia akan didampingi oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin serta Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong. (*)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved