BanjarmasinPost/

Tips

Waspadai Sembelit Pasca-Lebaran dan Cara Tepat Mengatasinya

Lebaran memang menyenangkan. Waktunya berkumpul bersama keluarga sambil makan-makan besar. Berbagai makanan lezat seperti opor, rendang, hingga sambal

Waspadai Sembelit Pasca-Lebaran dan Cara Tepat Mengatasinya
meetdokter.com
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.IDLebaran memang menyenangkan. Waktunya berkumpul bersama keluarga sambil makan-makan besar. Berbagai makanan lezat seperti opor, rendang, hingga sambal goreng tentu jadi menu favorit kita.

Tapi, sadarkah kita jika semua menu itu hanya mengandung karbohidrat, protein dan lemak? Karena itu kita perlu hati-hati terhadap bahaya sembelit yang bisa mengancam, jika kita tidak mengimbanginya dengan asupan serat yang cukup, seperti sayur dan buah.

Apa Itu Sembelit?

Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan berupa pengerasan feses sehingga sulit dikeluarkan. Beberapa gejala yang muncul di antaranya perut terasa kembung, begah, serta kehilangan nafsu makan. Dapat juga disertai rasa melilit dalam perut tapi feses tidak kunjung keluar. Bahkan pendarahan bisa terjadi jika kita memaksakan buang air besar.

Penyebab Sembelit

Gaya hidup kurang sehat, termasuk pola makan serba instan dan kurang serat, dapat menjadi pemicu sembelit. Jika dibiarkan, sembelit bisa meningkat pada kasus yang lebih serius seperti kanker usus besar karena kerasnya feses dapat menyebabkan luka di dalam usus.

Konsumsi serat adalah salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan. Serat tidak mudah dicerna sehingga dapat meningkatkan gerak peristaltik pada usus. Di dalam usus besar, terjadi pengaturan air terhadap ampas makanan. Jika ampas makanan terlalu lama, cairan akan terserap habis sehingga ampas mengeras dan menyebabkan sembelit. Di sinilah serat berperan positif “menyeret” ampas keluar dari usus.

Penting Konsumsi Serat Selama Lebaran

Nah, usai berhari-hari menyantap makanan bermenu daging, jangan lupa mengimbanginya dengan sayur dan buah agar kita tidak terjebak dalam situasi sembelit yang kurang nyaman. Bisa-bisa acara mudik jadi berantakan kalau tiba-tiba perut kita melilit tanpa bisa buang air besar.

Serat dengan mudah bisa didapatkan melalui konsumsi sayur, khususnya yang berwarna hijau seperti buncis, sawi, brokoli, daun singkong. Bisa juga menambahkan aneka jamur yang juga kaya serat. Serat dan vitamin C merupakan perpaduan yang efektif untuk menghindari sembelit. (*)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help