Lebaran 2017

Kementerian ESDM Pastikan Stok BBM Aman saat Arus Balik Lebaran

"Sampai H+1, secara umum pasokan energi aman. Kini kami siapkan keamanan pasokan energi untuk periode arus balik Lebaran"

Kementerian ESDM Pastikan Stok BBM Aman saat Arus Balik Lebaran
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Antrean di SPBU S Parman, Jumat (23/6/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kementerian ESDM mengklaim pasokan bahan bakar minyak (BBM), elpiji, dan listrik dalam kondisi aman pada masa Lebaran 2017 hingga Senin (26/6) atau H+1.

"Sampai H+1, secara umum pasokan energi aman. Kini kami siapkan keamanan pasokan energi untuk periode arus balik Lebaran agar masyarakat yang tengah bersilaturahim dengan sanak saudara atau berwisata, dan hendak kembali ke tempat tinggal masing-masing, senantiasa dapat beraktivitas dengan lancar dan aman," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Sujatmiko dalam siaran pers, Rabu (28/6).

Menurut Sujatmiko, pihaknya terus melakukan pemantauan dan siap siaga hingga berakhirnya arus balik dengan petugas Posko Nasional ESDM dan tim di lapangan bergantian melakukan monitoring.

Sujatmiko mengatakan, stok BBM dan elpiji dalam keadaan cukup, yakni di atas 20 hari.

Realisasi pendistribusian BBM yang signifikan terjadi pada H-9 dengan kenaikan sebesar 64% dibandingkan periode sama 2016, sementara pada H+1 terdapat penurunan 4% dibandingkan 2016.

Untuk sistem kelistrikan, hanya dua daerah dalam kondisi siaga atau cadangan lebih kecil dari pembangkit terbesar yakni sistem Sorong+Papua Isolated dan Jayapura. "Total pasokan listrik nasional sebesar 23.605,75 MW dengan beban puncak 18.007,41 MW, sehingga cadangan operasi masih tersedia 5.377,51 MW," katanya. (Kelik Dewanto)

Berita ini dipublikasikan kontan.co.id dengan Judul "Arus balik, ESDM pastikan stok BBM aman"

Editor: Didik Trio
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help