Berita Banjarmasin

Pelabuhan Trisakti Sediakan Ruang Ibu Menyusui, Apa Saja Fasilitasnya Ya?

Sebelumnya, tidak ada ruang untuk ibu menyusui atau laktasi di pelabuhan tersebut. Namun, sejak dua tahun lalu, fasilitas itu disediakan.

Pelabuhan Trisakti Sediakan Ruang Ibu Menyusui, Apa Saja Fasilitasnya Ya?
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Seorang ibu dan bayinya saat berada di ruang laktasi Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kamis (29/6/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pada 2017 ini, fasilitas pada ruang ibu menyusui yang disediakan di Pelabuhan Trisakti bertambah. Hal itu karena adanya sumbangan kelengkapan ruangan tersebut dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sebelumnya, tidak ada ruang untuk ibu menyusui atau laktasi di pelabuhan tersebut. Namun, sejak dua tahun lalu, fasilitas itu disediakan. Tentunya adanya ruang itu akan berguna bagi para ibu yang ingin menyusui bayinya.

Pada ruang laktasi itu tersedia perlengkapan tidur bayi. Selain itu, ada pula tempat penghangat susu dan tempat mengganti popok bayi.

"Ruang ibu menyusui ini sangat difungsikan sekali di pelabuhan. Selain itu, kemarin juga dapat bantuan dari Kementrian PPPA berupa perlengkapan untuk fasilitas ruangan itu," ucap Asisten Manajer Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, M Solichin, Kamis (29/6/2017).

Namun, sejauh ini, masih sedikit ibu yang menggunakan fasilitas tersebut. Solichin mengatakan, dalam satu kapal hanya ada satu atau dua ibu yang menggunakan ruangan itu.

Pihaknya kerap menyosialisasikan adanya ruangan tersebut. Setiap penumpang yang membawa balita dan diperkirakan masih menyusu maka akan diarahkan ke ruang laktasi itu.

Hal itu agar menjaga privasi para ibu ketika ingin memberikan ASI kepada anaknya semisal ibu tersebut malu menyusui sang bayi di tempat umum.

Selain di pelabuhan, Terminal Induk KM 6 Banjarmasin juga menyediakan ruang laktasi. Tentunya, dengan tujuan yang sama ialah untuk memberikan kenyamanan terhadap para ibu yang ingin menyusui anaknya.

Namun, sedikit lebih lambat, ruang laktasi di Terminal Km 6 berfungsi baru tiga bulan terakhir. Akan tetapi, Kepala UPT Terminal, M Yusuf mengatakan, menyediakan pelayanan maksimal dan tempat yang nyaman untuk ibu dan anak pada ruang laktasi tersebut. (Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved