Rebus Ayam Sebelum Dicuci Baru Kemudian Dimasak

Hal yang biasa kita lakukan adalah mencuci bahan makanan sebelum memasak. Hal itu normal kita lakukan dengan tujuan membersihkan pestisida

Rebus Ayam Sebelum Dicuci Baru Kemudian Dimasak
tribunnews.com
ayam 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Hal yang biasa kita lakukan adalah mencuci bahan makanan sebelum memasak. Hal itu normal kita lakukan dengan tujuan membersihkan pestisida yang terdapat dalam sayuran, serta menghilangkan bakteri yang terdapat dalam bahan makanan hewani.

Namun, pada kenyataannya, sebuah penelitian yang dilansir BBC, menunjukkan pendapat yang berbeda.

Penelitian ini menyarankan agar kita tidak segera mencuci ayam mentah sebelum dimasak.

Dalam penelitian ini disebutkan bahwa tindakan ini dapat menyebar bakteri campylobacter yang terdapat pada ayam. Bakteri ini dapat menyebar ke lengan, meja, pakaian, dan alat-alat dapur melalui percikan air.

Bakteri campylobacter merupakan jenis bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, dengan gejala seperti diare, sakit perut, kram perut, dan demam.

Oleh karena itu, yang disarankan dari para peneliti jangan mencuci ayam sebelum dimasak.

Jadi, merebus ayam tersebut hingga setengah matang sebelum dimasak untuk membunuh bakteri di dalamnya. Lalu, buang air rebusan, dan cucilah ayam. Nah, setelah itu kita dapat memproses ayam menjadi masakan yang kita inginkan.

Food Standard Agency (FSA), menyarankan agar kita memisahkan talenan dan pisau yang digunakan untuk memasak daging ayam dengan bahan makanan lain.

Ini dimaksudkan untuk lebih meminimalkan penyebaran bakteri. Selamat memasak.

Berita sudah ditayangkan di intisari.grid.id berjudul Jangan Mencuci Ayam Sebelum Dimasak

Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help