Mudik Lebaran

Setelah Dievaluasi, Menhub Menemukan Hal Mengejutkan pada Mudik Lebaran

Kendati dinilai sukses, Budi menilai masih banyak hal yang perlu diperbaiki untuk penyelenggaraan mudik Lebaran

Setelah Dievaluasi, Menhub Menemukan Hal Mengejutkan pada Mudik Lebaran
WARTA KOTA
Perjuangan pemudik menembus medan Nagreg yang berat, tajam, berkelok-kelok, dan terdapat tanjakan dan curam disertai macet. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SALATIGA - Banyak pihak memuji penyelengaraan mudik Lebaran tahun ini jauh lebih baik ketimbang tahun lalu. Terkait penilaian ini Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi tidak menampiknya.

"Itu biar independen orang lain yang menyatakan lebih baik, ya alhamdulilah," kata Budi saat berada di Pos Pengamanan Operasi Ramadniya Candi 2017 di Exit Tol Tingkir, Salatiga, Kamis (29/6) sore.

Kendati dinilai sukses, Budi menilai masih banyak hal yang perlu diperbaiki untuk penyelenggaraan mudik Lebaran di tahun mendatang.

Ia mencatat ada tiga hal yang krusial untuk segera ditangani. Pertama adalah masih adanya kendaraan angkutan massal yang tidak laik jalan.

Kedua, pemudik dengan sepeda motor dan ketiga adalah pengendalian jalur tempat istirahat, khususnya di jalan tol.

"Dan juga manajemen waktu (mudik). Mungkin kita akan lakukan lebih baik dan integrasi dari libur-libur yang ada, antara libur swasta, libur anak-anak dan beberapa yang lain," jelasnya.

Khusus untuk pengaturan pemanfaatan jalur tempat istirahat di jalan tol pada arus balik ini, lanjutnya, akan dilakukan sistem buka tutup sesuai dengan kebutuhan.

Budi Karya juga mengapresiasi kinerja Polri dan Pemprov Jateng dalam penyelenggaraan mudik tahun ini khususnya di jalur Pantura.

Kesuksesan itu antara lain meminimalisasi dampak pasar tumpah, keberadaan SPBU takar oleh Pertamina, serta pengamanan Polisi di sejumlah titik persimpangan yang rawan macet dan kecelakaan. "Jadi praktis kemarin Pantura lancar, saya apresiasi baik," dia menegaskan. (Syahrul Munir)

Berita ini dipublikasikan kontan.co.id dengan Judul "Evaluasi Menhub terkait mudik Lebaran 2017"

Editor: Didik Trio
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved