Berita Bisnis

Pantau Harga Pokok Hanya Lewat Gawai

Lebih mudah, sekarang masyarakat bisa pantau langsung harga bahan pokok hanya lewat gawai. Hal ini dapat dilakukan berkat aplikasi berbasis online

Pantau Harga Pokok Hanya Lewat Gawai
banjaarmasinpost.co.id/acm
Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lebih mudah, sekarang masyarakat bisa pantau langsung harga bahan pokok hanya lewat gawai. Hal ini dapat dilakukan berkat aplikasi berbasis online yaitu Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional.

Informasi dalam PIHPS Nasional fokus pada 10 komoditi pangan bergejolak (volatile food) dengan 21 varian yang paling sering menjadi sumber tekanan inflasi. Yaitu beras, daging ayam, daging sapi, telur ayam, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, minyak goreng dan gula pasir. Data harga-harga bahan pokok ini di update setiap hari kerja pukul 14.00 WITA.

PIHPS Nasional diluncurkan secara resmi oleh Gubernur BI bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, dan Menteri Perdagangan di Jakarta Senin (12/6). Saat ini, data PIHPS dikumpulkan dari survei langsung di 164 pasar tradisional, dari 82 kota sampel inflasi indeks harga konsumen (IHK) yang mencakup 34 provinsi.

Untuk mengakses informasi ini ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu mengunjungi laman web www.hargapangan.id atau melalui aplikasi yang bisa di unduh melalui Google Playstore untuk pengguna android dan App Store bagi pengguna IOS.

Dengan tampilan yang simpel dan intuitif data dan informasi yang disajikan melalui aplikasi ini cukup lengkap dan dalam.

Di awal membuka aplikasi pengguna akan diminta untuk memilih Provinsi dan Kota atau Kabupaten domisili. Selanjutnya secara otomatis akan ditampilkan harga terbaru 10 komoditas tadi sesuai dengan domisili pengguna. (Achmad Maudhody)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved