Delapan Penonton Sepak Bola di Malawi Tewas

pertandingan persahabatan itu tetap dilanjutkan. Jumlah penonton yang hadir juga memenuhi seluruh tribune

Delapan Penonton Sepak Bola di Malawi Tewas
Presiden Malawi, Arthur Peter Mutharika, berempati terhadap para korban yang berdesak-desakan di pintu masuk Stadion Nasional Bingu pada perayaan kemerdekaan negara tersebut, Kamis (6/7/2017). (AFP) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, LILONGWE - Akibat berdesakan lantaran tembakan gas air mata, sejumlah suporter sepak bola yang akan menonton pertandingan di Malawi meninggal dunia.

Insiden itu terjadi di Lilongwe dalam perayaan ulang tahun ke-53 Malawi, negara di bagian tenggara Afrika, lepas dari penjajahan Inggris, Kamis (6/7/2017).

Delapan penonton - tujuh di antaranya masih anak-anak - meninggal akibat kericuhan yang terjadi jelang laga di Stadion Nasional Bingu.

Dilansir dari Nyasa Times, kerusuhan itu bermula dari tindakan polisi menembakkan gas air mata jelang pertandingan persahabatan antara dua klub teras, Nyasa Big Bullets dan Silvers Strikers.

Tindakan tersebut dilakukan pihak kepolisian karena penonton tidak tertib ketika akan masuk ke stadion. Ironisnya, hal tersebut membuat para penonton panik.

Ratusan orang terburu-buru untuk masuk ke salah satu gerbang stadion. Di antara mereka, ada yang terjatuh sehingga terinjak-injak.

Akibatnya, penonton berdesak-desakan dan mengakibatkan delapan orang meninggal dunia. Puluhan lainnya mengalami luka-luka.

"Seharusnya, kita tidak usah melanjutkan perayaan ketika ada orang meninggal dunia. Perayaan ini harus ditunda," kata petinggi Centre for the Development of People (CEDEP), Gift Trapence.

"Pihak kepolisian juga seharusnya punya rencana dan tahu bahwa penonton yang hadir dari berbagai tingkatan usia. Kejadian ini menunjukkan betapa buruk negara dan pihak keamaman," tuturnya lagi.

Akan tetapi, dilansir dari BBC, pertandingan persahabatan itu tetap dilanjutkan. Jumlah penonton yang hadir juga memenuhi seluruh tribune.

Presiden Arthur Peter Mutharika yang sedianya bakal menonton pertandingan, urung duduk di tribune kehormatan karena mengaku sangat syok atas insiden tersebut.

Dia hanya mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga korban. Presiden yang meresmikan stadion tersebut pada 28 Januari itu pun meminta jajarannya untuk segera membantu dan menginvestigasi kejadian tersebut.

Berita ini dikutip dari Kompas.com dengan judul 8 Penonton Meninggal Jelang Pertandingan Perayaan Kemerdekaan Malawi

Editor: Halmien
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved