Seputar Kaltara

Malaysia dan Indonesia Sepakat Bangun Pos Terpadu di Sekitar Perbatasan Nunukan

Pemerintah Republik Indonesia dan Malaysia akan membangun pos terpadu di perbatasan kedua negara di Labang, Kecamatan Lumbis Ogong dan Bantul, Negara

Malaysia dan Indonesia Sepakat Bangun Pos Terpadu di Sekitar Perbatasan Nunukan
citizendaily.net
Kecamatan Lumbis Ogong, Nunukan, Kaltara 

BANJARMASINPOST.CO.ID, NUNUKAN - Pemerintah Republik Indonesia dan Malaysia akan membangun pos terpadu di perbatasan kedua negara di Labang, Kecamatan Lumbis Ogong dan Bantul, Negara Bagian Sabah, Malaysia.

Kepala Bagian Pengelola Perbatasan Negara pada Sekretariat Kabupaten Nunukan, Muhammad Effendi, mengatakan, terkait rencana pembangunan pos terpadu tersebut, Senin (10/7/2017) mendatang akan digelar pertemuan Sosial Ekonomi Malaysia Indonesia (Sosek Malindo) Negara Bagian Sabah, Malaysia- Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

“Itu untuk persiapan awal. Nanti Tim Sosek Malindo Kabupaten Nunukan yang terbentuk oleh SK Bupati, salah satunya adalah dari Asisten II, terus dari Perbatasan, Tentara Angkatan Laut dan sebagainya akan hadir di sana,” ujarnya, Kamis (6/7/2017) sambil memastikan pertemuan itu dihadiri Tim dari Biro Perbatasan Kalimantan Timur dan Tim dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Dia menyebutkan, pertemuan antara kedua negara pada tahap awal ini akan membahas secara rinci posisi Labang- Bantul.

Sepekan setelah pertemuan di Tarakan, akan diadakan peninjauan langsung ke lokasi perbatasan antara Labang dan Bantul.

“Tim Malaysia berangkat dari titik di Malaysia. Kami dari Indonesia juga. Jadi nanti bertemu di sana,” kata mantan Camat Lumbis ini.

Pada pertemuan lapangan itu, akan disepakati tempat pembangunan pos terpadu antara Labang dan Bantul ini.

Kawasan yang ditinjau ini masih berstatus dalam tahap perundingan Republik Indonesia–Malaysia atau Outstanding Boundary Problem (OBP).

“Itu cara pandang atas batas antara Indonesia- Malaysia masih ada perbedaan. Bahwa mereka masih mengklaim titik yang sebenarnya di daerah Sumantipal pas di sungai. Tetapi Indonesia kan sudah membangun pos di atas Labang, Sumantipal dan sebagainya,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, di Bantul telah dibangun jalan perbatasan. “Indonesia belum ke situ sama sekali kegiatannya,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help