BPost Edisi Cetak

Prihatin Kehilangan Budaya Leluhur, Eter Tulis Buku Kamus Dayak

DAERAH Halong di Kabupaten Balangan memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Prihatin Kehilangan Budaya Leluhur, Eter Tulis Buku Kamus Dayak
banjarmasinpost.co.id
BPOst edisi cetak Jumat (7/7/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - DAERAH Halong di Kabupaten Balangan memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya. Ada banyak kekayaan di sana, Suku Dayak, alam yang masih asri, wisata melimpah, dan kearifan lokalnya serta lainnya.

Kini halong semakin dikenal di masyarakat, terutama dari luar daerah. Bagi mereka yang ingin mengenal Halong tinggal membaca bukunya yang baru-baru saja diterbitkan oleh Eter Nabiring, salah seorang tokoh dayak Halong.

Ya, lelaki kelahiran Halong 20 Oktober 1967 ini berinisiatif melestarikan budaya leluhurnya, Dayak Halong dengan menulis buku. Hingga kini sudah ada dua buku karangannya yang diterbitkan yaitu Kamus Populer Dayak Balangan (Dayak Balangan Tribe Dictionary) dan Dayak Halong Balangan (Merawat Tradisi Leluhur Menjaga Yang Tersisa).

Eter menuturkan, ide menulis buku tentang Dayak Halong berawal dari keprihatinannya terhadap keberadaan suku Dayak Halong yang terus tergerus zaman. Dia berhadap dengan menulis dan menjadi buku, kehidupan suku Dayak Halong tetap terjaga dan lestari di masa generasi penerus.

“Saya bekerja sama dengan YABN Adaro serta budayawan dari Kaltim yang menyarankan agar kehidupan Dayak Halong didokumentasikan. Saat itulah muncul ide untuk menulis tentang kehidupan suku Dayak Halong,” ungkap Eter.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak Jumat (7/7/2017) atau klik http://banjarmasinpost.co.id

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved