Miris, Seorang Mahasiswi Terlilit Utang Ratusan Juta Rupiah Demi Sebuah iPhone

Kita boleh mengharapkan memiliki sesuatu yang sudah lama kita impikan, tapi ya harus tahu diri. Jangan seperti mahasiswi di China ini.

Miris, Seorang Mahasiswi Terlilit Utang Ratusan Juta Rupiah Demi Sebuah iPhone
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
iPhone 6s dalam balutan warna pink 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kita boleh mengharapkan memiliki sesuatu yang sudah lama kita impikan, tapi ya harus tahu diri. Jangan seperti mahasiswi di China ini.

Demi sebuah iPhone 6S Plus, mahasiswi yang tidak mau disebutkan namanya itu terlilit utang hingga ratusan juta rupiah.

Mahasiswi itu, berusia 19 tahun dan sedang menuntut ilmu di kota Xian, provinsi Shanxi, China terlilit utang sebesar 12 ribu yuan atau hampir Rp25 juta.

Utang sebesar itu disebabkan sang mahasiswi ingin membeli sebuah iPhone 6S Plus.

Dari utang yang diajukan, mahasiswi itu hanya mendapatkan 8.000 yuan, karena dipotong biaya servis. Namun, sang rentenir tetap mengatakan mahasiswi itu berutang 12 ribu yuan.

Saat ditagih, mahasiswi itu baru sadar dia tak memiliki uang untuk melunasi utang. Dalam keputusasaan, ia meminjam uang dari rentenir lainnya dan dalam waktu cepat utangnya kian menggunung.

“Saya sangat ingin membeli telepon genggam. Saya terpengaruh mahasiswa lain, mereka semua memiliki ponsel. Jadi saya membeli sebuah iPhone," kata mahasiswi itu.

Namun, kegembiraannya hanya berlangsung sesaat dan berubah menjadi depresi. Kini sang rentenir meneleponnya beberapa kali sehari untuk menagih uangnya.

Bahkan, para rentenir itu mengirimkan foto sang mahasiswi yang sudah diedit sehingga tampat telanjang. Foto "telanjang" itu kemudian dikirim ke orangtua sang mahasiswi.

Kondisi ini membuat keluarga sang mahasiswi tertekan setelah beberapa waktu lalu sangat bangga karena putri mereka lolos ujian nasional dan diterima di sebuah universitas ternama.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved