Berita Nasional

Payah! Cuma Indonesia di Asia Tenggara yang Tak Punya UU Arsitek

Namun kini, para arsitek sudah dapat sedikit bernafas lega. Pasalnya, sepuluh fraksi di DPR telah sepakat melanjutkan pembahasan RUU Arsitek

Payah! Cuma Indonesia di Asia Tenggara yang Tak Punya UU Arsitek
kompas.com
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Basuki Hadimuljono 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Dari sepuluh negara yang tergabung dalam Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN), hanya Indonesia yang hingga kini belum memiliki undang-undang (UU) terkait profesi arsitek.

Namun kini, para arsitek sudah dapat sedikit bernafas lega. Pasalnya, sepuluh fraksi di DPR telah sepakat melanjutkan pembahasan RUU Arsitek ke tingkat dua.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, di tengah persaingan global, keberadaan UU Arsitek sangat penting untuk memberikan perlindungan kepada profesi tersebut.

"Mereka dengan berdasarkan UU itu sertifikasinya sudah diladansi hukum yang jelas. Ketika mereka berpraktek di negara mana pun, itu dilindungi oleh UU," kata Basuki usai rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senin (10/7/2017).

Dengan melanjutkan pembahasan ke tingkat dua, maka tinggal selangkah lagi RUU Arsitek berubah menjadi UU Arsitek.

"(Tinggal) arsitek di Indonesia yang satu-satunya yang belum dilandasi UU profesi itu," lanjut dia.

Basuki pun mengapresiasi langkah DPR yang menginisiasi pembentukan UU ini. Dengan adanya UU ini, tak hanya arsitek Indonesia yang akan dilindungi, tetapi juga produk ciptaan dan karya mereka nantinya.(Dani Prabowo)

Berita ini dipublikasikan tribunnews.com dengan Judul "Cuma Indonesia, Negara di Asia Tenggara yang Tak Punya UU Arsitek"

Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved