BanjarmasinPost/
Home »

News

» Sains

Sains

Ada Pembalut Wanita dari Pati Singkong Hasil Kreatif Mahasiswa IPB

Sekelompok mahasiswa IPB melalui Program Kreativitas Mahasiswa - Kewirausahaan (PKM-K) menggagas bisnis pembalut wanita yang ramah lingkungan.

Ada Pembalut Wanita dari Pati Singkong Hasil Kreatif Mahasiswa IPB
Humas IPB
Bentuk pembalut ramah lingkungan terbuat dari pati singkong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BOGOR -  Sekelompok mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui Program Kreativitas Mahasiswa - Kewirausahaan (PKM-K) menggagas bisnis pembalut wanita yang ramah lingkungan.

Mereka adalah Ni Made Surianti, Sang Ayu Made Arisasmita, Ida Ayu Indah Wedaswari, dan Ni Komang Yastri Anasuyari.

Ide ini berangkat dari kegelisahan Ni Made Urianti dan teman-temannya, dimana tidak ada produk serupa yang ramah lingkungan di pasaran.

Berniat ingin mengurangi produksi sampah plastik, ia beserta tim menggunakan plastik mudah terurai dari bahan pati singkong yang telah ada sebagai bahan pembuatan pembalut wanita.

"Penggunaan plastik dari pati singkong tersebut dimaksudkan agar pembalut yang telah dipakai dapat cepat diurai di lingkungan dan mengurangi volume sampah," ujar Ni Made Urianti.

Dikemas dengan kotak berdesain menarik bagi kaum wanita, produk yang diberi label Ultra Sanitary Napkins Organic (U-Torc) ini juga memberikan kantong kecil untuk menyimpan pembalut saat dibawa ke luar rumah.

U-Torc dipasarkan dengan harga Rp 30 ribu per kotak berisi delapan lembar pembalut. Saat ini U-Torc telah dikirim ke berbagai daerah seperti Bogor, Tangerang, Bali, dan Lombok.

Proses produksi U-Torc dilakukan di rumah produksi di daerah Dramaga, Bogor.

Pengondisian area produksi pun dilakukan demi menjamin kebersihan tempat produksi. Proses produksi dilakukan secara manual oleh tim U-Torc.

Pengembangan produksi dapat dilakukan, sehingga U-Torc menjadi produk bisnis ramah lingkungan yang menjadi salah satu jawaban atas permasalahan sampah yang ada.

Nah, penasaran ingin mencoba pembalut ramah lingkungan ini?

Berita ini dipublikasikan oleh Tribunnews.com: Mahasiswi IPB Produksi Pembalut Wanita dari Pati Singkong

Editor: Syaiful Akhyar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help