Properti

Mustahil Program Sejuta Rumah Tercapai, REI: Pemda Harus Implementasikan PP 64/2016

"Hanya Kabupaten Banjar yang menyusun Peraturan Bupatinya. Padahal untuk pencapaian target sejuta rumah, perlu finalisasi Pergub"

Mustahil Program Sejuta Rumah Tercapai, REI: Pemda Harus Implementasikan PP 64/2016
hasby
Ketua DPD REI Kalsel, Royzani Sjachril (dua dari kanan) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Target sejuta rumah dalam setahun di Kalsel bakal tak terwujud jika pemerintah provinsi Kalsel, Pemko dan Pemkab kecuali Pemkab Banjar belum menindaklanjuti PP No 64 tahun 2016.

Diungkapkan Ketua DPD REI Kalsel, Royzani Sjachril di kantornya, bahwa sampai sekarang belum ada penerapan di pemerintah daerah. Padahal sudah tujuh bulan berjalan.

"Hanya Kabupaten Banjar yang menyusun Peraturan Bupatinya. Padahal untuk pencapaian target sejuta rumah, perlu finalisasi Pergub," katanya, Selasa (11/7).

Dia mengatakan, padahal REI se Indonesia ditarget satu juga rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. DPD REI Kalsel ditarget 10 ribu unit, tetapi sekarang baru empat ribu unit.

Adapun salah satu pointer utama dari PP tersebut adalah, Khususnya bagi anggota yang membangun lima hektar kebawah maka biaya lebih ringan. Meringkas alur proses perizinan, seperti proses dari 981 hari menjadi 44 hari.

"Semua daerah bisa menerapkan Peraturan Pemerintah, harusnya langsung diikuti pemerintah daerah. Tetapi ini sudah enam bulan tidak ada penerapan di daerah," keluhnya.

Menurutnya, dengan memberlakukan PP itu, biaya perumahan juga bisa ditekan. Mendorong masyarakat berpenghasilan rendah lebih banyak membeli rumah lagi.

Kendala lainnya yang dihadapi adalah pemasangan pipa distribusi air bersih dari PDAM. Beberapa daerah seperti Baritokuala dan Kabupaten Banjar belumlah lancar.

Pihaknya mengapresiasi langkap Pemkab Banjar yang sudah menyiapkan Perbup sebagai turunan dari PP No 64 itu.

"Kalimantan Barat justru sudah berjalan bahkan dibackup Kejati dan Gubernurnya," tambah Kepala Bidang Hukum DPD REI Kalsel, Irwan Bora diamini Wakil Ketua DPD REI Kalsel, H Busran dan Wakil Bendahara, Sativah Perdana.(Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help