Berita Banjarmasin

UMKM Berpotensi Tingkatkan PAD

USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) tak bisa dipungkiri bisa bertahan disaat badai krisis ekonomi melanda.

UMKM Berpotensi Tingkatkan PAD
istimewa
Shinta Laksmi Dewi SE 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) tak bisa dipungkiri bisa bertahan disaat badai krisis ekonomi melanda. Meski tergolong kecil namun usaha ini mampu bertahan dikarenakan langsung dirasakan dan bersentuhan dengan masyarakat.

Sehingga tak salah berbagai pihak baik Perbankan dan organisasi pun sekarang banyak melakukan pembinaan serta sangat mensupport UMKM iini. Karena selain membantu usaha ini juga membuka lapangan kerja baru meski tak terlalu banyak.

Shinta Laksmi Dewi SE, salah satu perempuan wiraswasta Banua mengungkapkan mereka memandang UMKM sebagai sektor mikro menengah yang memiliki potensi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan untuk itu sangat perlu untuk diberdayakan dan di kembangkan.

"UMKM juga memiliki potensi sebagai sektor mikro yang mengangkat kekayaan kearifan lokal di Kalimantan Selatan pada khususnya. Sehingga kita bisa mendapatkan beberapa efek domino yang bisa di hasilkan dari sektor ini," ucap perempuan yang juga Ketua DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Kalimantan Selatan ini.

Selain itu pengembangan produk UMKM. juga promosi bagi wisata dan budaya asli daerah yang mewarnai variasi produk-produk UMKM itu sendiri.

Lebih jauh Shinta Dewi mengatakan pihaknya mengappresiasi Pemerintah daerah melalui SKPD-SKPD terkait serta beberapa BUMN dan instansi swasta lainnya yang telah berperan aktif dalam pengembangan UMKM melalui fasilitas pembinaan maupun pemberian modal kerja.

Menurut istri Ir Edy Sudarmadi ini dalam era perdagangan bebas ini kita harus bisa memastikan bahwa pasar domestik harus didominasi oleh pengusaha lokal maka untuk itu perlu ditingkatan kualitas produk dan harga pasarnya untuk bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Ibu dua anak ini juga berharap perlu diupayakan semangat dari semua stakeholder untuk memperkuat UMKM ini sehingga mampu untuk bersaing dalam merebut pangsa pasar yang ada.

"Kita perlu menggelorakan semangat cinta Indonesia melalui cinta produk buatan Indonesia. Dengan demikian membantu mendongkrak penjualan produk-produk lokal khususnya UMKM," ucap ibu dari Adhi Dharma Prasetyo dan Satutya Wicaksono ini.

Selain itu perlu dilakukan pemetaan spesialisasi produk UMKM. Dengan strategi ini diharapkan pemerintah sebagai pembina UMKM akan mudah dan fokus dalam pengembangan UMKM secara sektoral menuju UMKM yang professional dan berdaya saing tinggi yang bisa meningkat dari memiliki pasar lokal menjadi domestik nasional bahkan Internasional.

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved