Berita Tapin

Sungai di Pampain Tapin, Kini Dangkal Dua Meter

Pantauan BPost Online, Kamis (13/7/2017), lokasi itu seperti sungai, tetapi ada ciri-ciri seperti aliran irigasi.

Sungai di Pampain Tapin, Kini Dangkal Dua Meter
Banjarmasinpost.co.id/Ibrahim Ashabirin
Sebuah irigasi atau sungai di Kampung Pampain yang merupakan perbatasan Kecamatan Bungur (Desa Tampunang dan Kecamatan Tapin Selatan (Desa Harapan Masa), mengalami pendangkalan sekitar 2 meter. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Sebuah irigasi atau sungai di Kampung Pampain yang merupakan perbatasan Kecamatan Bungur (Desa Tampunang dan Kecamatan Tapin Selatan (Desa Harapan Masa), mengalami pendangkalan sekitar 2 meter.

Pantauan BPost Online, Kamis (13/7/2017), lokasi itu seperti sungai, tetapi ada ciri-ciri seperti aliran irigasi. Lokasi itu hanya berjarak sekitar 50 meter dari irigasi Kampung Pampaian.

Warga setempat menyebutnya bekas bendungan, ada juga yang menyebutnya sungai yang tembus ke sungai Tambarangan Kecamatan Tapin Selatan.

Warga setempat mencoba membuktikan bahwa lumpur sungai itu sudah meninggi sekitar 2 meter. mereka mengambil ranting pohon, lalu menancapnya ke sungai tersebut untuk membuktikan sungai itu sangat dangkal.

H Jumri, warga setempat mengatakan endapan lumpur di irigasi/sungai itu tingginya sekitar 2 meter.

Tokoh masyarakat tersebut mengatakan akibat dangkalnya sungai itu, ketika musim hujan lebat, sering mengakibatkan banjir di bagian hilir sungai.

"Apakah lokasi pendangkalan itu termasuk irigasi, bendungan atau sungai, kata H Jumri. Kalau bendungan atau irigasi berarti kewenangan perbaikannya oleh provinsi atau pihak balai," jelasnya lagi.

"Kami berharap pihak yang bertanggung jawab segera memantaunya ke lapangan dan segera mengeruk lumpur tersebut," pungkas H Jumri.

Penulis: Ibrahim Ashabirin
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved