Berita Banjarmasin

TAUSIYAH: Ukhuwah Islamiah

Ajaran persaudaraan Islam sudah terkandung di dalam kata yang menjadi nama bagi agama Islam itu sendiri.

TAUSIYAH: Ukhuwah Islamiah
dokumen
Metro Banjar edisi Jumat (14/7/2017) 

H Taslim, Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Kota Banjarbaru

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ukhuwah islamiah berarti persaudaraan Islam, persaudaraan yang diajarkan oleh umat Islam dan berlaku di kalangan sesama umat Islam. Ajaran persaudaraan Islam sudah terkandung di dalam kata yang menjadi nama bagi agama Islam itu sendiri. Salah satu diantara makna Islam itu berarti damai, yaitu damai dengan sesama manusia baik yang beragama Islam maupun yang tidak beragama Islam.

Dalam fenomena kehidupan umat Islam, persaudaraan Islam itu sering dipersempit, hanya orang Islam yang benar-benar sepaham dan sealiran dengan dia. Sedangkan orang Islam yang tidak sealiran dianggap dan diposisikan seperti bukan orang Islam? Atau Islamnya diragukan.

Jika melihat makna Islam seperti tersebut diatas, maka orang Islam itu dapat hidup di masyarakat dengan rukun dan damai dengan sesama manusia. Menilik keberadaan semua agama termasuk Islam dalam perkembangannya mengalami tumbuhnya berbagai aliran/paham misalnya aliran yang berorientasi kepada ahlusunnah wal jamaah (sunni) terpecah-pecah dengan berbagai ormas keagamaan.

Dengan tidak menutup mata diantara mereka terdapat perbedaan-perbedaan yang tidak prinsip seperti masalah-masalah furuiyah. Di masyarakat muslim masih kita temukan orang yang berpaham atau beraliran tertentu, ada yang menganggap paham atau aliran lain kebenarannya diragukan atau tidak benar? Yang benar itu hanyalah paham alirannya sendiri. Anggapan seperti ini dapat mencederai rasa persaudaraan Islam.

Sebagai muslim yang hidup bersaudara dengan orang Islam lain seharusnya wajib memperlakukan saudaranya sesama muslim, sebagaimana petunjuk Rasulullah meskipun berbeda paham/aliran. Ia tidak boleh melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat mempersulit, mengganjal, mengganggu sesama muslim yang lain.

Selengkapnya baca harian Metro Banjar, Jumat (14/7//2017), atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id/metro

Metro Banjar edisi Jumat (14/7/2017)
Metro Banjar edisi Jumat (14/7/2017) (dokumen)
Editor: Didik Trio
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved