Berita Balangan

Menginspirasi, Siswa Baru SMAN 1 Juai Diajak Tanam Pohon di Pekarangan Rumah Warga

‪Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi peserta didik baru di SMA Negeri 1 Juai yang dilaksanakan selama 3 hari, berbeda dari biasanya.

Menginspirasi, Siswa Baru SMAN 1 Juai Diajak Tanam Pohon di Pekarangan Rumah Warga
istimewa
serta PLS SMAN 1 Juai 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - ‪Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi peserta didik baru di SMA Negeri 1 Juai yang dilaksanakan selama 3 hari, berbeda dari biasanya.

Selain pemberian materi dan game yang sudah menjadi agenda rutin, kali ini semua peserta didik yang berjumlah 126 orang tersebut diajak menanam bibit pohon ke pekarangan rumah-rumah warga yang ada di lingkungan Kecamatan Juai.

Serta mereka tidak diperkenankan membawa air mineral gelas melainkan semua peserta diharuskan membawa air mineral botol guna mengurangi sampah. Hal ini bertujuan menumbuhkan sikap peduli lingkungan.‬

‪Dalam pelaksanaannya, kegiatan PLS ini diawali dengan pembacaan surah yasin dilanjutkan pembekalan materi serta kegiatan lainnya yang sudah dijadwalkan dan ditutup dengan upacara pada tiap harinya.‬

‪Dimana pada hari terakhir seluruh siswa beserta beberapa dewan guru melaksanakan ziarah ke Makam Datu Kandang Haji. Tepatnya di Desa Teluk Bayur Kecamatan Juai. Sebagai upaya rasa syukur dalam pelaksanaan kegiatan.‬

‪Secara keseluruhan, hal ini bertujuan menumbuhkan sikap peduli lingkungan, menanamkan etika, mengembangkan karakter, kedisiplinan.‬

‪Ketua Pelaksana PLS SMA Negeri 1 Juai, Muhammad Noor mengatakan melalui PLS ini tidak hanya memberikan informasi kepada mereka mengenai proses pembelajaran dan yang berkaitan dengan kewajiban sebagai peserta didik.

"Tetapi juga kegiatan ini bisa menjadi sebuah proses bagi peserta didik baru untuk menumbuhkan sikap toleransi, karakter dan disiplin," ujarnya.

‪Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Juai Rakhmiati menyampaikan selamat bergabung menjadi keluarga besar SMA Negeri 1 Juai serta meminta agar menjaga nama baik sekolah.

"Tingkatkan terus prestasi, baik dari segi akademik maupun non akademik, berperan aktiflah dalam kegiatan ekstrakurikuler yang sudah disediakan pihak sekolah karena dengan hal tersebut kalian bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri," pungkasnya.

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help