BanjarmasinPost/
Home »

Video

Berita Kabupaten Banjar

NEWSVIDEO: 19 Dokter Datangi Lapas Narkotika Karang Intan, Peringatkan Penyakit Seksual Menular

Sebanyak 19 anggota Perdoksi (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) Cabang Kalselteng menyambangi Lapas Narkotika Karang Intan

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sebanyak 19 anggota Perdoksi (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) Cabang Kalselteng menyambangi Lapas Narkotika Karang Intan Desa Karang Intan Kabupaten Banjar Kalsel, Sabtu (15/7/2017) pagi.

Kedatangan mereka kali itu yakni dalam rangka memberikan penyuluhan tentang bahaya infeksi penyakit seksual menular (IPSM) terhadap warga binaan di Lapas Narkotika Karang Intan. Kedatangan mereka pun disambut hangat langsung oleh Kepala Lapas Karang Intan, Drs Mohammad Hafil.

Ketua Perdoksi Cabang Kalselteng, dr Robiana M Noor, Sp.KK, FINSDV, mengatakan alasannya memilih Lapas Narkotika Karang Intan, lantaran merupakan tempat yang tergolong susah dalam mendapatkan pelayanan penyakit kulit dan IPSM.

Sementara dengan lingkungan yang jumlah huniannya tergolong tinggi, Lapas Narkotika Karang Intan sebetulnya sangat memungkinkan terhadap penyebaran penyakit kulit yang berkembang cepat.

"Ya, bayangkan saja seperti bapak kepala lapas sebutkan dalam satu ruangan biasanya bisa dihuni tujuh hingga beberapa orang. Sementara faktor lingkungan dan air juga menjadi salah satu penyebab timbul dan menularnya penyakit kulit," jelasnya.

Selain itu, Robiana juga mengharapkan dengan penyuluhan yang dilaksanakan pihaknya tersebut dapat memberikan pengetahuan kepada warga binaan Lapas Narkotika Karang Intan terhadap bahaya IPSM.

Sehingga baik selama mereka masih berada di lembaga masyarakat atau pun sudah bebas nanti, selalu berkomitmen menghindari melakukan praktik hubungan seks bebas, apalagi sesama jenis.

"Bakti sosial penyuluhan ini sebetulnya memang rutin kami laksanakan saban tahunnya di tempat berbeda . Dan kali ini dalam rangka memperingati hari jadi Perdoksi ke enam, kami memilih Lapas Narkotika Karang Intan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan, " jelasnya.

Sedangkan Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Drs Mohammad Hafil, mengaku menyambut baik atas kedatangan rombongan Perdoksi Cabang Kalselteng ke tempatnya.

Terlebih mengingat banyaknya keluhan penyakit kulit yang dialami warga binaannya. Hafil menuding hal tersebut selain berasal dari penularan warga binaan yang dibawa semenjak masih berada di luar penjara, juga disebabkan faktor air.

"Sebetulnya kami sudah menyediakan pelayanan kesehatan klinik lewat dokter umum sebagai pengobatan dini. Nah, dengan kedatangan para dokter spesialis ini, semoga bisa mendapatkan solusi ke depannya," ungkap Hafil.

Sementara kegiatan penyuluhan tentang bahaya infeksi penyakit seksual menular (IPSM) sendiri, juga tak ingin dilewatkan warga binaan Lapas Narkotika Karang Intan menyampaikan berbagai keluhannya.

Terutama terhadap gatal-gatal yang kini dialaminya. Sehingga mereka pun kerap memanfaatkan pelayanan kesehatan klinik guna berobat.

"Iya, udah berapa lama ini kami mengalami gatal-gatal baik di kaki atau bagian badan lainnya. Kalau kami menuding sih, mungkin dikarenakan kondisi air. Ya mudah-mudahan nanti bisa ada solusinya, " ujar Agus Riadi sembari menunjukkan bagian kulitnya yang gatal. (*)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help