Berita HSS

Energi Positif Untuk Pacu Program KB di HSS

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan Pemerintah Kabupaten HSS senantiasa bersinergi, termasuk mendukung program TP PKK HSS dalam menyukseskan program

Energi Positif Untuk Pacu Program KB di HSS
HO/Protokol dan Kehumasan
Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry saat menerima penghargaan Manggala Karya Kencana 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Penghargaan Manggala Karya Kencana bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) menjadi energi positif untuk memacu ketercapaian Program Keluarga Berencana (KB) di Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan Pemerintah Kabupaten HSS senantiasa bersinergi, termasuk mendukung program TP PKK HSS dalam menyukseskan program KB.

"Sosialisasi Program KB sekarang lebih mudah dibandingkan dulu. Masyarakat HSS sudah memahami pentingnya ikut ber KB membina keluarga kecil, bahagia dan sejahtera, ditunjukkan peningkatkan jumlah akseptor aktif dari tahun ke tahun,"katanya.

Kabupaten HSS terdapat 144 desa dengan hanya memiliki 23 orang tenaga Penyuluh Keluarga Berencana Daerah (PKBD). Serta dibantu 144 orang sebagai pembantu pembina keluarga berencana daerah (PPKBD) dan dibantu Sub PPKBD sebanyak 600 orang.
Pendanaan dibiayai dari APBD Kabupaten HSS dan pemerintah mendorong Pemerintah Desa untuk memanfaatkan dana desa dalam pemenuhan tenaga penyuluh KB yang jumlahnya masih kurang.

Bupati HSS mengakui adanya kendala kekurangan tenaga penyuluh KB karena adanya penyuluh yang pensiun dan belum ada penggantinya. Diharapkan nantinya melalui serah terima tenaga penyuluh KB dari Pemerintah Daerah menjadi tenaga Pusat maka profesi tenaga penyuluh akan lebih diminati.

Ketua TP PKK Hj Isnaniah Achmad Fikry mengatakan setelah sukses membentuk satu kampung KB pada 2016 lalu di Desa Pakan Dalam, Kecamatan Daha Utara, pembentukan Kampung KB di HSS direncanakan sesuai dengan 11 jumlah Kecamatan di HSS.
Untuk 2017 direncanakan akan membentuk enam kampung KB dan akan dilanjutkan lagi empat kampung KB untuk tahun selanjutny.(*)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved