BanjarmasinPost/
Home »

Bisnis

» Mikro

Ekbis

Printer Canon Bidik Segmen Anak Muda dan Perkantoran

Banjarmasin Kalsel merupakan salah satu kota yang agresif dalam hal penjualan printer.

Printer Canon Bidik Segmen Anak Muda dan Perkantoran
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Banjarmasin Kalsel merupakan salah satu kota yang agresif dalam hal penjualan printer. Authorized dealer Canon, PT Borneo Multimedia Jaya, juga aktif memasarkannya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Banjarmasin Kalsel merupakan salah satu kota yang agresif dalam hal penjualan printer. Authorized dealer Canon, PT Borneo Multimedia Jaya, juga aktif memasarkannya.

Division Manager of Canon Consumer System Product Division PT Datascrip, Monica Aryasetiawan saat di Banjarmasin mengatakan, marketshare untuk tahun ini, kuartal kedua melesu tiga sampai lima persen. Kondisi ini juga berimbas di daerah lain.

Terutama kebutuhan IT jelang lebaran menjadi nomor sekian. Meski demikian, pihaknya optimistis di kuartal ketiga tahun ini bisa recovery, sehingga marketshare bisa naik dan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang masih stagnan.

"Pangsa pasar di Banjarmasin cukup terkendali. Potensi masih ada, tetapi semua pengetatan ikat pinggang," katanya.

Dijelaskannya, Printer IP 270 sudah tidak terlalu diminati dibanding yang advanced, tetap kontribusi terbesar low print volume, G-Series catat lebih banyak segmen perkantoran dan pelajar.

"Pelajar sekarang sudah computerize, online. E Series lebih menarik untuk diminati, karena merupakan printer murah, dan konsumen sekarang konsen pada harga catridgenya," jelasnya.

Saat ini, printer harga dibawah Rp 1 jutaan masih favorit. G-Series harga mulai Rp 1 jutaan sampai Rp 3,5 jutaan dan untuk tinta botolan warna dan hitam hanya Rp 99.000.

Canon melalui PT Datascrip selaku authorized distributor di Indonesia berhasil mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin pasar printer inkjet di Indonesia selama 18 tahun berturut-turut.

Pada tahun 2016, Canon meluncurkan empat seri ink efficient printer G series, yaitu printer infus yang dapat mencetak hingga ribuan lembar, yaitu G1000, G2000, G3000 dan G4000.

Monica mengklaim, Canon printer G series ini tepat untuk mereka yang mencetak dalam jumlah banyak. Selain harga tintanya murah, botol tinta didesain sedemikian rupa sehingga mudah untuk menuangkan tinta ke dalam tangki printer, serta mencegah tinta tumpah atau berceceran.

Berdasarkan data IDC yang disampaikan pihak Canon Singapore Pte Ltd ke Datascrip, bahwa hingga kuartal pertama di 2017, pangsa pasar printer inkjet Canon di Indonesia masih unggul sebesar 60 persen untuk printer fungsi tunggal, 38 persen untuk multifungsi dan secara overall mencapai share 48 persen untuk keseluruhan inkjet printer.

Marketing toko Komputer di Banjarmasin, Zalekha mengatakan, sehari laku dua sampai tiga unit untuk printer Canon maupun Epson. Tergantung selera konsumen apakah memilih Canon atau Epson.

"Printer multifungsi sekarang yang ramai penjualan, seperti koneksivitas cukup menggunakan Wifi. Epson harganya mulai dari Rp 3.600.000an dan Canon Rp 2.710.000an," katanya.

Harganya produk printer baik Canon maupun Epson bervariasi, untuk Epson mulai kisaran Rp 1,6 juta hanya print warna. Jika untuk scan, fotokopi harganya sekitar Rp 2.100.000.

Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help