Suka Fotografi Tapi Dana Terbatas Beli Kamera? Begini Cara Memilih Kamera Digital Murah

Kini kamera digital semakin banyak pilihannya. Ragam jenisnya pun banyak. Mulai dari smartphone berkamera, kamera aksi (action cam)

Suka Fotografi Tapi Dana Terbatas Beli Kamera? Begini Cara Memilih Kamera Digital Murah
sony
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kini kamera digital semakin banyak pilihannya. Ragam jenisnya pun banyak. Mulai dari smartphone berkamera, kamera aksi (action cam), kamera kompak atau kamera saku, kamera mirrorless, atau DSLR. Harganya pun beragam. Lalu, jika dana di kantong terbatas, ada hal yang harus diketahui sebelum membeli kamera digital murah.

Lihat dana Anda!
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah seberapa besar dana yang dipersiapkan untuk membeli kamera. Rentang harga untuk kamera begitu luas. Ada banyak kamera yang bisa jadi pilihan di setiap rentang harga. Setelah memastikan dana yang disiapkan, barulah mencari kamera dengan spesifikasi dan fitur yang paling mendekati kebutuhan Anda memotret. Kamera digital murah sekarang pun sudah dilengkapi beragam fitur, jadi jangan takut untuk memilikinya selama masih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cek kebutuhan memotret
Ada batasan spesifikasi untuk setiap kamera digital. Jadi, apa yang ingin Anda lakukan dengan kamera baru Anda nantinya? Pertanyaan ini akan membantu Anda memilih kamera terjangkau yang sesuai. Apakah Anda ingin membawa kamera yang nyaman untuk traveling? Maka Anda memerlukan kamera zoom yang ringkas. Atau jika Anda ingin memotret di dalam air, maka yang Anda perlukan adalah kamera kompak tahan air. Atau Anda ingin merekam momen bersama keluarga? Cari kamera dengan fitur video dengan resolusi Full HD. Ada banyak kamera digital murah yang bisa jadi pilihan dan sesuai kebutuhan Anda.

Pahami setiap jenis kamera
Setelah mengidentifikasi apa kebutuhan Anda, cari tahu jenis-jenis kamera yang ada. Kamera kompak atau kamera saku memiliki lensa yang tidak bisa digonta-ganti, namun dimensinya ringkas dan penggunaannya praktis. Kamera seperti ini cocok untuk dibawa traveling dan memotret untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Kamera digital saku sekarang juga telah dilengkapi fitur video, dan minimum memiliki resolusi HD atau bahkan Full HD. Resolusi ini sangat cukup untuk kebutuhan merekam momen penting atau perjalanan Anda. Jika membutuhkan kamera digital dengan lensa yang bisa dilepas pasang, ada mirrorless dan DSLR. Rentang harga kedua kamera ini begitu luas, termasuk yang terjangkau.

Mirrorless dan DSLR dengan lensa kit
Jika memiliki mirrorless dan DSLR untuk pertama kalinya, bodi kamera biasanya dipasangkan dengan lensa kit. Lensa ini biasanya merupakan lensa zoom dengan rentang focal yang dianggap dapat mencakup banyak skenario pemotretan. Lensa kit pada kamera DSLR atau mirrorless dengan sensor APS-C, crop factor 1,5x atau 1,6x, biasanya memiliki rentang focal 18-55mm atau 16-50mm. Sementara mirrorless dengan sensor Micro Four Thirds, crop factor 2x, lensa kit nya memiliki rentang focal 14-42mm atau 12-32mm, tergantung pada produsen kamera tersebut.

Jika sudah menentukan kebutuhan memotret Anda dan mengetahui fitur kamera yang cocok untuk Anda, pilih ragam kamera digital murah di Matahari Mall di tautan berikut: Kamera Digital Murah.

Artikel ini sudah dimuat di digitalcamera.co.id berjudul Memilih Kamera Digital Murah untuk Pemula dalam Fotografi

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help