BanjarmasinPost/

Berita Hulu Sungai Tengah

Warga di Kampung Langganan Banjir Ini Langsung Dibekali Tenda Pengungsi

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak HM Sufiani menjelaskan, KSB diperlukan, sebagai upaya mengurangi risiko bencana melal

Warga di Kampung Langganan Banjir Ini Langsung Dibekali Tenda Pengungsi
BANJARMASINPOST.co.id/hanani
Apel siaga bencana yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Senin (17/7/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Desa Pakunungan, Kecamatan Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kalsel dijadikan sebagai kampung siaga bencana (KSB) berbasis masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak HM Sufiani menjelaskan, KSB diperlukan, sebagai upaya mengurangi risiko bencana melalui penyadaran dan peningkatan kemampuan masyarakat menghadapi bencana.

Penanggulangan bencana, dilakukan oleh untuk masyarakat dalam upaya mengubah pola pikir dan pola tindak masyarakat ketika menghadapi bencana yang mungkin terjadi.

"KSB merupakan rangkaian aktifitas penanggulangan bencana oleh masyarkat, dimulai sebelum bencana, pada saat bencana dan setelah bencana terjadi. Penanggulangan bencana ini berbasis masyarkat untuk mengurangi risiko bencana dengan jumlah anggotanya sebanyak 60 orang," katanya.

Disebutkan, Pajukungan merupakan kawasan langganan banjir.

Tiap tahun desa itu terendam, sehingga perlu pemahaman kepada masyarakatnya bagaimana menghadapi bencana.

Kegiatan KSB, bekerjasama dengan Tagana Kalsel berlangsung selama tiga hari.

Kegiatannya, atnata lain penyuluhan dan pelatihan kebencanaan, simulasi bencana serta apel siaga bencana.

"Kelompok KSB juga diberikan tenda keluarga, tenda pleton, tenda pengungsi dan bahan logistik untuk persiapan nantinya ketika terjadi bencana khususnya yang terjadi setiap tahun yaitu banjir," katanya.

Bupati HST, H Abdul Latif, dalam sambutan dibacakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan H Pandiasyah menyampaikan permasalahan bencana tak bisa diprediksi kapan terjadi.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help