BanjarmasinPost/

Berita Tanahlaut

Bank Indonesia Ajari Soal Perbankan Kepada Siswa SMAN Jorong

Manajemen SMAN 1 Jorong, memilih perwakilan Bank Indonesia di Provinsi Kalimantan Selatan yang menyampaikan materi pelajaran tentang Perbankan.

Bank Indonesia Ajari Soal Perbankan Kepada Siswa SMAN Jorong
Reuters
Bank Indonesia 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Manajemen SMAN 1 Jorong, memilih perwakilan Bank Indonesia di Provinsi Kalimantan Selatan yang menyampaikan materi pelajaran tentang Perbankan.

Itu karena tak semua guru mata pelajaran IPS di SMAN 1 Jorong, mampu menjelaskan bagaimana sistem perbankan.

Kepala SMAN 1 Jorong, Ihsanul Imani mengaku tidak semua siswanya dari keluarga yang mampu. Itu karena latar belakang wali murid atau orangtua siswa dari pekerja perkebunan dan pertanian.

Ihsanul Imani merasa senang karena bertepatan juga dengan program BI Mengajar. Itu karena ada pembelajaran tentang perbankan.

"Kami ingin narasumber soal perbankan dari yang berkompeten seperti Bank Indonesia, termasuk alat peraga atau contohnya," katanya kepada BPost Online, Selasa (18/7/2017).

Ihsanul Imani berharap sekolah lain di Desa dan kecamatan mengikuti jejaknya mengundang pihak yang berkompeten memberikan materi ajar yang berkaitan dengan mata pelajaran yang tak dikuasai guru mata pelajaran.

Manajemen Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menghadirkan tiga narasumbernya. Itu memberikan sosialisasi uang rupiah yang baru yang beredar.

Narasumber itu juga mengajari siswa SMAN 1 Jorong tentang apa dan bagaimana sistem pembayaran non tunai di perbankan di Aula sekolah tersebut, pada Senin (17/7) lalu.

Antusias siswa mengikuti kegiatan Bank Indonesia Mengajar itu terlihat dari sejumlah siswa yang bertanya bagaimana mengenali uang rupiah asli.

Semakin semarak karena siswa yang bertanya atau yang praktik melihat ciri-ciri yang rupiah asli mendapat hadiah tas ransel dan tas ransel kecil.

Kepala Tim Sistem Pembayaran Materi Kebanksentralan, Ocky Ganesia, mengaku hadir di sekolah itu dalam kaitan HUT Bank Indonesia dan program BI Mengajar.

Di Kabupaten Tanahlaut ini, kata Ocky Ganesia, manajemen SMAN 1 Jorong ini menyurati agar siswanya dibekali materi tentang kebanksentralan.

"Apa saja tugas dan fungsinya keberadaan Bank Indonesia. Kemudian Bank Indonesia itu hanya ada satu di Indonesia. Beda antara Bank Indonesia dengan Bank lainnya," katanya.

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help