BanjarmasinPost/

Mencegah Kecelakaan karena Pengemudi Mengantuk, Jepang Bangun Jalan yang Menghasilkan Nada

Perjalanan jauh sering kali membuat kita mengantuk di dalam mobil. Mengantuk di saat menyetir mobil sungguh berbahaya

BANJARMASINPOST.CO.ID - Perjalanan jauh sering kali membuat kita mengantuk di dalam mobil. Mengantuk di saat menyetir mobil sungguh berbahaya, karena bisa menyebabkan kecelakaan. Itu sebabnya, Jepang membuat jalan raya yang unik.

Di Jepang, terdapat beberapa jalan raya yang bisa menghasilkan nada-nada. Jalan ini disebut Melody Road. Ide unik ini untuk mengatasi masalah mengantuk di jalan raya. Para pengendara bisa menyetir sambil mendengarkan lagu.

Melody road ini terdapat di jalan-jalan raya di daerah Hokkaido, Fukushima, Wakayama, Gunma, Yamanashi, Nagano, Shizuoka, Aichi, Saga, Tottori, Hiroshima, Ehime, Oita, dan Okinawa.

Bunyi musik yang dihasilkan beragam dan temponya terdengar teratur jika dilewati kendaraan dengan kecepatan 28 mil per jam. Jalan melody ini ditandai dengan rambu-rambu jalan dan gambar not balok warna-warni yang dicat di permukaan jalan.

Ide seperti ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2004. Namun baru dipatenkan serta diperkenalkan kepada masyarakat Jepang pada tanggal 16 September 2005. Ide serupa juga ternyata sudah ada di Denmark dengan nama Asphaltophone pada tahun 1995. Steen Krarup Jensen dan Jakob Freud-Magnus lah yang membuat penemuan mengubah jalan menjadi instrumen musik yang berbunyi.

Melody Road dibuat dengan melakukan penggalian aspal sedalam 3-6 milimeter, dengan lebar 6-24 milimeter. Kedalaman jalan yang beragam tersebut memotong jalan yang melintang sekitar 2,9-3,1 meter. Perbedaan kedalaman dan lebar jalan itu ternyata berguna untuk menghasilkan nada yang berbeda.

Nada yang berbeda-beda dihasilkan secara serentak oleh ban yang ada di depan dan di belakang kendaraan ketika melintasi jalan. Musik atau lagu tersebut memberi kesan yang mendalam di otak manusia saat mendengarnya sehingga bisa membuat pengendara tidak mengantuk.

Berita ini sudah ditayangkan di bobo.grid.id berjudul Wow, Jalan Ini Bisa Menghasilkan Nada!

 

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help