BanjarmasinPost/

Berita Kalteng

PLN Imbau Masyarakat Jaga dan Peduli Jaringan Listrik

Pemeliharaan Jaringan PLN Area Kuala Kapuas melakukan penggantian isolator tumpu pecah pada Senin (10/7/2017) di Desa Mantangai, Kecamatan Mantangai

PLN Imbau Masyarakat Jaga dan Peduli Jaringan Listrik
istimewa/Humas PLN Wilayah Kalselteng
Pemeliharaan Jaringan PLN Area Kuala Kapuas melakukan penggantian isolator tumpu pecah pada Senin (10/7/2017) di Desa Mantangai, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kuala Kapuas.

BANJARMASINPOST.CO.ID, KAPUAS - Pemeliharaan Jaringan PLN Area Kuala Kapuas melakukan penggantian isolator tumpu pecah pada Senin (10/7/2017) di Desa Mantangai, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kuala Kapuas.

Sebelumnya, petugas menemukan 27 buah isolator tumpu yang pecah saat dilakukan penelusuran jaringan. Berdasar penelusuran petugas, terdapat indikasi perusakan jaringan menggunakan ketapel atau senapan angin secara sengaja oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

Asisten Manajer Jaringan PLN Area Kuala Kapuas, Tatok Winarko mengatakan bahwa indikasi perusakan jaringan didapatkan dari data bahwa isolator yang rusak tersebut berada di garis yang sama pada Jaringan Tegangan Menengah (JTM).

"Biasanya kerusakan isolator lebih banyak disebabkan akibat faktor alam seperti petir. Jika terkena serangan petir, isolator yang rusak biasanya hanya dua sampai tiga buah, tapi ini jumlahnya mencapai 27 buah dan berada dalam sepanjang garis jaringan yang sama,” ujar Tatok.

Selain itu, Tatok juga menyampaikan bahwa indikasi tersebut diperkuat dengan adanya kesaksian salah seorang warga yang melihat oknum tersebut melempari isolator menggunakan ketapel.

"Kami perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait hal ini agar dapat diketahui tujuan oknum tersebut melakukan perusakan isolator. Kami mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perusakan komponen jaringan, khususnya isolator karena isolator merupakan pengaman jaringan dari gangguan petir. Jika isolator mengalami kerusakan dan jaringan terkena petir, tegangan dapat tembus ke jaringan dan dapat menyebabkan padam,” ujar dia.

Untuk mengatasi kerusakan 27 buah isolator, selanjutnya Tim Har Jar PLN Area Kuala Kapuas melakukan penggantian isolator baru agar pasokan listrik kepada pelanggan kembali lancar. Selain itu Tatok juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan peduli terhadap jaringan listrik agar keandalan jaringan tetap terjaga serta listrik dapat digunakan secara maksimal oleh masyarakat.

Penulis: Sofyar Redhani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help