BanjarmasinPost/

Pulau Warisan Dunia UNESCO Ini Terkenal karena Kemisteriusannya

Pulau Paskah terletak di Cile, sebelah tenggara Samudera Pasifik. Pulau ini termasuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO

Pulau Warisan Dunia UNESCO Ini Terkenal karena Kemisteriusannya
cnnindonesia.com
Pulau Paskah yang Misterius 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pulau Paskah terletak di Cile, sebelah tenggara Samudera Pasifik. Pulau ini termasuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, lo! Yang membuatnya terkenal adalah banyaknya patung-patung (moai) raksasa di pulau ini. Walaupun begitu, pulau ini merupakan daerah yang terisolasi.

Ditemukan Saat Paskah

Kenapa namanya Pulau Paskah, ya? Ternyata, pulau ini ditemukan bertepatan dengan Hari Paskah di tahun 1722. Penduduk pulau ini sempat hanya berjumlah 111 orang, lo! Hal ini disebabkan oleh sebuah penyakit yang hampir memusnahkan seluruh penduduk. Namun kemudian, perlahan-lahan penghuni Pulau Paskah semakin bertambah.

Moai

Pulau ini dikenal dengan patung-patung raksasa yang disebut moai. Moai ini merupakan balok batu yang diukir dengan tinggi rata-rata empat meter dan berat yang mencapai lebih dari 14 ton! Walaupun bagian yang sering terlihat adalah kepala, sebenarnya moai mempunyai tubuh yang lengkap. Banyak moai yang sebagian besar tubuhnya tertimbun tanah hingga leher.

Diperkirakan, moai ini dipahat di sebuah tambang batu di pulau ini. Tambang batu ini sepertinya sudah ditinggalkan secara tiba-tiba. Banyak patung setengah jadi yang ditinggalkan begitu saja. Terdapat lebih dari 800 moai di pulau ini. Ahli sejarah beranggapan bahwa patung-patung ini dipahat untuk menghormati leluhur Pulau Paskah.

Di pinggir pantai Pulau Paskah, beberapa moai berjejer dengan rapi. Upaya untuk membangun dan memindahkan moai dari tambang batu ke tepi pantai pasti sangat besar. Apalagi, Pulau Paskah adalah pulau yang terisolasi. Bagaimana cara penduduk pulau ini dulu memindahkan moai ke pantai? Menggunakan alat apa? Sampai sekarang, pertanyaan-pertanyaan seperti itu belum ada jawabannya dan masih menjadi misteri.

Banyak Misteri

Pulau Paskah masih menyimpan banyak sekali misteri. Salah satunya adalah tulisan-tulisan aneh yang ditemukan di sini. Sampai sekarang, belum ada yang bisa mengartikan tulisan-tulisan ini. Ekosistem di pulau ini juga hampir hancur dengan penyebab yang tidak diketahui dengan jelas.

Banyak teori dan kisah-kisah yang muncul mengenai Pulau Paskah. Mulai dari moai yang berjalan sendiri, sampai kedatangan alien di pulau ini.

Berita ini sudah dimuat di bobo.grid.id berjudul Pulau Paskah yang Menyimpan Misteri

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help