Info Haji

Selain Aplikasi Haji Pintar Kini Disiapkan Stiker Maktab, Ini Kegunaannya

Sebagai bagian persiapan embarkasi jelang operasional penyelenggaraan haji, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama mulai melakukan di

Selain Aplikasi Haji Pintar Kini Disiapkan Stiker Maktab, Ini Kegunaannya
banjarmasinpost.co.id/kompas.com/AFP PHOTO
Ribuan tenda untuk menampung umat Islam yang tengah melangsungkan ibadah haji di Mina, di luar kota Mekah, Saudi Arabia, 19 September 2015. Sekitar 3 juta umat Islam dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Mekah untuk melangsungkan ibadah Haji. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MATARAM - Sebagai bagian persiapan embarkasi jelang operasional penyelenggaraan haji, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama mulai melakukan distribusi dan sosialisasi Penempelan Stiker Maktab di seluruh embarkasi dan embarkasi Antara Indonesia.

Kasubdit Akomodasi Nasrullah Jasam menyatakan untuk kemudahan identifikasi maktab di Makkah, pemerintah Arab Saudi melalui muassasah menerbitkan kebijakan berupa penempelan stiker maktab di paspor Jemaah Haji.

"Maktab merupakan lembaga swasta yang bertugas melayani Jemaah Haji di bawah kendali Muassasah Ahliyah li al Thawafah. Mereka diberi tanggung jawab melayani jemaah haji oleh pemerintah Arab Saudi," tutur Nasrullah di Mataram, Selasa (18/07).

Menurutnya, ada 70 maktab yang akan melayani jemaah haji, yaitu: maktab 1 - 18 dan 20 – 71.

Stiker maktab yang ditempel di paspor jemaah haji.
Stiker maktab yang ditempel di paspor jemaah haji. (Kemenag.go.id)

Rata-rata per maktab akan melayani 3.000 jemaah, atau berkisar 7 - 8 kloter.

“Waktu penempelan stiker maktab akan dilakukan setelah jemaah haji masuk Asrama Haji. Hal ini dikarenakan nama jemaah sudah definitif sesuai dengan kloternya," ujarnya.

Jika dilakukan sebelumnya, Nasrullah mengaku khawatir kalau terjadi perubahan nama.

Selain itu, apabila terjadi penundaan keberangkatan, stiker maktabnya harus disesuaikan dengan kelompok terbang (keloter) selanjutnya.

"Kita juga menyediakan softcopy yang bisa dicetak dan digandakan bila terjadi kerusakan, kehilangan atau kekurangan," tuturnya

"Dasar penempelan stiker maktab adalah hasil qurah pemondokan," sambungnya.

Selain soal stiker maktab, Nasrullah juga menyosialisasikan pengembangan Aplikasi Haji Pintar.

Menurutnya, aplikasi ini sudah memasuki generasi ketiga.

Pada generasi ini, sudah dilakukan up grade dengan menambahkan beberapa fitur baru, seperti: Al-Quran, jadwal shalat, informasi ziarah baik di Makkah dan Madinah, nilai tukar rupiah yang selalu up date tiap harinya, dan Itinerary (rencana perjalanan ibadah haji).

"Rencananya, aplikasi ini bisa diunduh di google play store lusa," jelasnya. (Sumber: Kemenag.go.id)

Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved