BanjarmasinPost/

Berita Hulu Sungai Selatan

PKS Bisa Usung Sendiri Calonnya pada Pilkada HSS 2018, Empat Nama Ini Berhasil Dijaring

Mengacu pada DPT itu, jumlah pendukung lewat jalur perorangan minimal harus didukung 17.181 pemilih. Selain itu, masih berdasarkan PKPU

PKS Bisa Usung Sendiri Calonnya pada Pilkada HSS 2018, Empat Nama Ini Berhasil Dijaring
web
ilustrasi pilkada

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Enam kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi syarat bagi partai politik di HSS untuk bisa mengusung calonnya pada pemilu kepala daerah (Pilkada) 2018.
 
Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 3 tahun 2017 tentang pencalonan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota menyebutkan untuk jumlah pengusung dari partai politik minimal 20 persen dari total kursi di dewan.

Ketua KPU HSS Imron Rosyadi mengatakan, untuk Kabupaten HSS ada total 30 kursi. Sehingga, untuk bisa mengusung calon lewat jalur partai minimal harus memiliki enam kursi, baik mengusung sendiri atau berkoalisi.

Untuk jalur perorangan dikatakannya harus memiliki dukungan minimal 10 persen dari total daftar pemilih tetap di HSS.

"DPT HSS mengacu pada DPT 2015 ada 171.808 saat pemilihan Gubernur. Kita masih melakukan pemuktahiran data," katanya, Rabu (19/7/2017).

Mengacu pada DPT itu, jumlah pendukung lewat jalur perorangan minimal harus didukung 17.181 pemilih. Selain itu, masih berdasarkan PKPU No 3 Tahun 2017 untuk sebaran dukungan paling sedikit enam kecamatan.

Melihat aturan itu, di kabupaten HSS hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang bisa mengusung calonnya sendiri karena memiliki enam kursi di Dewan.

Untuk partai lainnya, harus berkoalisi untuk bisa mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilukada HSS 2018 mendatang.

Sejumlah partai politik di HSS sudah melakukan penjaringan calon Bupati dan Wakil Bupati seperti PKS, Golkar dan Nasdem. Golkar dan Nasdem memiliki lima kursi di DPRD HSS.

Ketua DPD PKS HSS H Ardiansyah sebelumnya sudah mengatakan PKS HSS sudah melakukan penjaringan sejak dua tahun lalu.

Sejumlah nama sudah masuk dalam daftar penjaringan bahkan sudah diserahkan ke DPP PKS.
Empat nama hasil penjaringan DPD PKS HSS yaitu Achmad Fikry yang merupakan Bupati HSS saat ini, Ardiansyah sekarang Wabup HSS, Syamsuri Arsyad sekarang Ketua DPRD HSS dan terakhir Ja’far sekarang Ketua DPW PKS Kalsel.

Penulis: Aprianto
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help