Kriminalitas Banjarmasin

Empat Pembobol ATM Komplotan Lampung Didor Usai Beraksi di Kota Banjarmasin

Dari Hotel Kuripan, tempat para pelaku menginap, petugas menemukan sejumlah uang yang diduga hasil aksi bobol ATM di beberapa tempat Rp100 juta lebih

Empat Pembobol ATM Komplotan Lampung Didor Usai Beraksi di Kota Banjarmasin
Halaman 1 Harian Metro Banjar Edisi Cetak Kamis (20/7/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Aksi empat pelaku pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bank di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya terhenti. Para pelaku yang diketahui berasal dari Lampung ini ditangkap petugas gabungan unit Jatanras Polda dan Sabhara Polda Kalsel, Rabu (19/7) sekitar pukul 16.00 Wita.

Diduga mencoba kabur saat pengembangan penyidikan, keempat pelaku berinisial DG (28), IS (27), D (32) dan HD (32), kesemuanya mendapat ‘hadiah’ timah panas dari petugas pada masing-masing kaki mereka.

Hingga berita ini diturunkan petugas masih melakukan pengembangan terhadap aksi para pembobol ATM ini. Dari Hotel Kuripan, tempat para pelaku menginap, petugas menemukan sejumlah uang yang diduga hasil aksi bobol ATM di beberapa tempat Rp100 juta lebih yang dikemas dalam beberapa ikatan.

Informasi diperoleh penangkapan keempatnya ini tak lepas dari gerak petugas Sabhara Polda yang mencurigai adanya empat orang warga Lampung pengguna mobil rental yang menginap di dua kamar Hotel Kuripan. Kecurigaan ini pun kemudian dibarengi dengan kerja sama dengan unit Jatanras Polda Kalsel.

Petugas mendapat informasi bahwa empat orang warga Lampung itu diduga ada keterlibatan dengan raibnya sejumlah uang di sejumlah ATM berberapa lokasi di Banjarmasin, karena aksi tersebut terekam CCTV di ATM.

Petugas gabungan pun bergerak melakukan pencarian di kamar mana mereka menginap hingga terdata ada empat orang warga Lampung menginap di kamar 119 dan 118.

Usai melakukan penangkapan petugas melakukan penggembangan dan, didugaa mau kabur, maka keempatnya dihadiahi timah panas.

Keempat pelaku yang dibawa terpisah pun kemudian dibawa semua ke Ditkrimum Polda Kalsel untuk diperiksa lebih lanjut. "Infonya mereka baru datang sekitar empat hari lalu dan sempat beraksi," papar sumber Metro Banjar.

Modus para pelaku sendiri tergoloing canggih, karena mereka mempunyai beberapa kartu ATM sendiri kemudian dimasukkan. Setelah itu ada beberapa tombol dipencet dan saat itulah diganjal dengan obeng dan uang ditarik.

Direktur Kriminal Umum Kombes Sofyan Hidayat melalui Kasubdit 3 Jatanras AKBP Michael Irwan Thamsil ketika dikonfirmasi, Rabu (19/7) malam membenarkan penangkapan para pelaku. "Mereka kami tangkap tadi sore, dan sejumlah uang ditemukan," papar Michael seraya menmbahkan bahwa hari ini, Kamis (19/7) kasus tersebut akan diekspose.(dwi)

Baca Lengkap di Harian Metro Banjar Edisi Cetak Kamis (20/7/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved