Berita Banjarbaru

Pedagang Durian Sulawesi di Jalan A Yani Km 22 Ditertibkan Satpol PP, Ini Alasannya

Keberadaan mereka dinilai tidak tertib, termasuk mengganggu kelancaran lalu lintas dan rawan memunculkan potensi kecelakaan, Satpol PP menertibkan.

Pedagang Durian Sulawesi di Jalan A Yani Km 22 Ditertibkan Satpol PP, Ini Alasannya
Halaman 2 Harian Metro Banjar Edisi Cetak Kamis (20/7/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Walau lagi tak musim durian lokal, keberadaan pedagang buah ini masih dengan mudah ditemukan di wilayah Banjarbaru.

Rupanya, kemunculan banyak pedagang itu menjual durian dari Sulawesi. Mereka pun menempati tepian jalan, bermaksud memudahkan masyarakat atau pengendara untuk membelinya.

Banyak pula pengendara yang langsung makan di tempat atau di lapak pedagang, setelah selesai, melanjutkan perjalanan.

Namun karena keberadaan mereka dinilai tidak tertib, termasuk mengganggu kelancaran lalu lintas dan rawan memunculkan potensi kecelakaan, Satpol PP menertibkannya.

Saat Rabu (19/7), petugas mendatangi tiap PKL buah di kawasan Landasan Ulin. Mereka memberi teguran kepada setiap pedagang.

Lalu, pedagang juga diminta membuat pernyataan tidak lagi berjualan di bahu jalan. Diberi batas waktu satu hari supaya berdagang di lokasi yang benar.

Salah satu PKL buah, Kasrani (56), hanya pasrah saat didatangi dan ditegur petugas Satpol PP. Petani asal Desa Walatung, Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini menjual durian asal Sulawesi. Lokasinya, ruas Jalan A Yani Km 22,5. Dia diberi teguran karena melanggar telah berjualan di atas badan jalanan.

Kasrani oleh petugas satpol PP diberi waktu satu hari untuk menggeser dagangannya ke belakang selokan. Tidak di atas trotoar. Apalagi di atas badan jalan.

Kasatpol PP Banjarbaru, Marhain Rahman, melalui petugas penindak di lapangan,Yanto Hidayat, membenarkan mengenai penertiban PKL buah di Landasan Ulin itu. "Sasaran, pedagang di ruas Jalan A Yani Km 22,3. Kami memberikan teguran dan surat pernyataan kepada PKL pedagang buah," ujarnya.

Satpol PP Banjarbaru tak hanya memperingatkan, tapi juga memberikan solusi kepada mereka agar berjualan menjauhi badan jalan. Jangan di atas saluran air ataupun bahu jalan.  Petugas penertiban itu juga menyasar Jalan Mistar Cokrokusumo dan diteruskan ke Jalan Trikora. (kur)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved