Jangan Salah, Tidak Semua Buah Bisa Dikonsumsi untuk Diet

Banyak orang berpendapat kalau saat diet, kita dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Jangan Salah, Tidak Semua Buah Bisa Dikonsumsi untuk Diet
sajiansedap.com
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Banyak orang berpendapat kalau saat diet, kita dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur. Ternyata, pandangan ini tidak sepenuhnya benar karena beberapa jenis buah justru bisa membuat kita gagal diet karena kalorinya yang tinggi.

Secara umum, konsumsi buah (dan sayuran) memang lebih dianjurkan untuk program diet. buah mengandung banyak serat dan sedikit kalori sehingga dianjurkan untuk program diet. Kalorinya lebih kecil daripada sumber karbohidrat seperti nasi, juga lebih kecil daripada sumber protein seperti daging.

Walau begitu, ada beberapa jenis buah yang ternyata punya kalori cukup tinggi sehingga konsumsinya pun harus dibatasi kala kita berdiet. Buah-buahan ini bisa dikenali dari rasanya yang manis. Rasa manisnya menunjukkan kandungan gula di dalamnya tinggi, yang berarti kalorinya juga tinggi. Makin manis, makin tinggi pula kalorinya.

Jadi, kalau kita dalam program mengurangi kalori, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah yang sangat manis. Sawo, kurma, kelengkeng, semangka, rambutan, nanas (jenis yang sangat manis), bisa masuk ke dalam kategori ini. Ini tidak berarti bahwa buah-buah yang sangat manis tidak boleh dimakan saat berdiet. Boleh-oleh saja asalkan nilai kalorinya diperhitungkan.

Pisang dan mangga yang sangat manis juga bisa termasuk dalam kategori ini karena kandungan kalorinya tergolong tinggi. Sumber kalorinya tidak hanya berasal dari gula tapi juga dari kandungan pati di dalamnya.

Selain kalori, hal lain yang perlu diperhatikan adalah keasaman. Saat berdiet, kita biasanya akan mengurangi konsumsi nasi. Akibatnya lambung jadi dalam keadaan lebih kosong daripada biasanya. Nah, buah yang asam seperti jeruk, nanas, atau apel (jenis yang asam) harus dikonsumsi dengan hati-hati. Buah yang asam biasanya memang rendah kalori. Tapi kandungan asamnya bisa membuat lambung bermasalah, terutama bagi orang yang punya gangguan mag.

Buah yang lebih dianjurkan dalam program diet adalah buah yang kaya serat dan rendah kalori. Misalnya apel, bengkuang, pir, mentimun, atau pepaya. Serat dari buah ini diperlukan agar tubuh merasa kenyang dalam jangka lama. Secara umum, buah yang rendah kalori bisa dikenali dari rasanya yang tidak begitu manis.

Bisa dilihat kan bahwa ada banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis buah saat berdiet. Buah memang termasuk makanan sehat, tapi pola konsumsi dan pemilihan yang kurang tepat justru bisa membuat kita gagal diet.

Artikel ini sudah dimuat di sajansedap.grid.id berjudul Ternyata Beberapa Jenis Buah Justru Bisa Membuat Kita Gagal Diet Lho!

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved