Hotel dan Restoran di Yogyakarta Diwajibkan Gunakan Pajak Elektronik

Pemerintah Kota Yogyakarta akan mewajibkan seluruh wajib pajak hotel dan restoran untuk menggunakan layanan pembayaran pajak secara elektronik untuk

Hotel dan Restoran di Yogyakarta Diwajibkan Gunakan Pajak Elektronik
kontan
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta akan mewajibkan seluruh wajib pajak hotel dan restoran untuk menggunakan layanan pembayaran pajak secara elektronik untuk memudahkan wajib pajak memenuhi kewajiban mereka.

"Bagi hotel dan restoran, pada tahun ini diharapkan sudah menggunakan layanan pembayaran pajak secara eletronik (e-tax). Kami mohon kesiapan dan kerja samanya," ujar Haryadi beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, pembayaran pajak secara elektronik akan semakin memudahkan wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya, terlebih sistem e-tax memungkinkan wajib pajak untuk langsung membayar pajak setiap kali ada transaksi dengan konsumen.

Sehingga, pembayaran pajak tidak perlu menunggu satu bulan sekali, tetapi bisa langsung dipenuhi saat ada transaksi dengan konsumen.

"Sebenarnya, pelaksanaannya sangat mudah. Wajib pajak tinggal memasang peralatan yang memungkinkan penghitungan pajak secara langsung. Jangan hal ini dianggap sebagai beban karena pajak adalah kewajiban yang memang harus dipenuhi," katanya.

Haryadi menambahkan, Pemerintah Kota Yogyakarta bahkan siap menyusun peraturan yang mengatur tentang sanksi apabila masih ada wajib pajak terutama hotel dan restoran yang belum mengikuti pembayaran pajak secara elektronik

"Kami hanya ingin memastikan akuntabilitas dan transparansi pajak daerah," sebut Haryadi.

Salah satu daerah yang menjadi acuan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menjalankan kebijakan e-tax adalah Pemerintah Kabupaten Badung Bali.

Pemerintah daerah tersebut memanfaatkan sistem web untuk pelaksanaan e-tax sehingga pajak yang masuk dapat langsung terpantau setiap saat. (*)

Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help