Berita Banjarbaru

Ketegasan Kapolda Kalsel di Balik Pengamanan Kerusuhan Lapas Banjarbaru, Hanya Beri Waktu 1 Jam

Penjagaan pun tidak lagi melibatkan banyak anggota kepolisian. Aktivitas pun kembali normal di Lapas yang dihuni sekitar 500-an warga binaan itu.

Ketegasan Kapolda Kalsel di Balik Pengamanan Kerusuhan Lapas Banjarbaru, Hanya Beri Waktu 1 Jam
Banjarmasinpost.co.id/Nia Kurniawan
Petugas beserta anjing pelacak saat pengamanan Lapas Banjarbaru, Senin (24/7/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Suasana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banjarbaru setelah kerusuhan Senin(24/7) malam sudah berangsur kondusif. Penjagaan pun tidak lagi melibatkan banyak anggota kepolisian. Aktivitas pun kembali normal di Lapas yang dihuni sekitar 500-an warga binaan itu.

Bahkan Selasa (25/7) pagi, Kalapas Banjarbaru Heriansyah sempat memberikan pengarahan kepada petugas Lapas. Pengarahan tak hanya kepada petugas, tapi juga kepada warga binaan. Mereka dikumpulkan dan diberi pengarahan untuk jaga ketertiban dan keamanan di Lapas.

"Iya memberi arahan untuk petugas dan warga binaan,agar jaga ketertiban dan keamanan," ucap Kalapas kepada Bpost.

Sekadar mengetahui, pada Senin malam Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana beserta sejumlah petinggi Polda Kalsel meluncur ke Lapas kelas 3 Banjarbaru. Saat itu Kapolda Kalsel yang didamping Kapolres Banjar, AKBP Takdir Matanette dan Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya yang dikawal ratusan personel bersenjata lengkap dan mengenakan rompi anti peluru, langsung menuju ruang lapas.

"Saya sempat tanya pelaku, pengakuannya karena korban selalu mengejek. Blok E itu diisi pelaku kriminal dan Blok F napi yang sebagian besar kasus narkoba. Sel lapas didobrak, beberapa pintu jebol, ada sekitar enam pintu yang jebol. Alhamdulillah kesigapan Polres Banjarbaru dibantu Polres Banjar," ucap Brigjen Pol Rachmat Mulyana.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya menurunkan 1 SSK Brimob, Sabhara lengkap dengan pasukan K9. "Saat itu saya target satu jam, bila tak bisa ditolelir maka tindakan tegas dilakukan. Alhamdulilah teratasi saja," ucapnya.

Giat penanganan kerusuhan malam itu berlanjut dengan penggeledahan, tidak heran jika Kapolda masih bertahan di Lapas meski malam sudah larut lewati tengah malam.

"Langsung penggeledahan masing masing sel tahanan, banyak barang bukti seperti sajam, bahkan ada obat-obatan Zenith, juga temukan bong sabu dan korek api, ini tentunya saya imbau petugas lapas agar lakukan sop yang sudah ada saat jam berkunjung pemeriksaan lebih ketat lagi. Jangan terjadi lagi," tegas.

Kapolda menerangkan, ada sejumlah warga binaan yang diinterogasi karena provokator. Sebanyak 42 orang dipindah dari Lapas Banjarbaru. " 36 orang berstatus napi dan enam orang masih sidang," katanya.

Lapas Banjarbaru belum overload. Kapasitas 800 penghuni masih dihuni sekitar. 500an penghuni saja. Terpisah, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Imam Suyudi mengatakan semua bermula dari keributan kecil yang kemudian menyulut emosi.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved