BanjarmasinPost/
Home »

Video

Berita Martapura

NEWSVIDEO : Tahun Ini, SDN Jati 2 Hanya Mendapatkan Empat Murid Baru

Murid baru yang mendaftar di sekolah itu terjadi setiap tahun semakin sedikit. Akibatnya, jumlah murid di SDN Jati 2 saat ini hanya ada 53 orang.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Ruangan kelas 1 SDN Jati 2 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar terlihat lengang.

Hanya ada empat orang murid di ruang kelas berukuran 7 x 8 meter itu. Terlihat, Plt Kepala SDN Jati 2 membimbing empat muridnya itu. Tahun ajaran baru ini, SDN Jati 2 memang hanya mendapatkan empat orang murid baru.

Murid baru yang mendaftar di sekolah itu terjadi setiap tahun semakin sedikit. Akibatnya, jumlah murid di SDN Jati 2 saat ini hanya ada 53 orang.

Plt Kepala SDN Jati 2, Royani membenarkan minimnya jumlah murid yang mendaftar pada tahun ajaran baru ini. Hanya ada empat murid yang mendaftar hingga tahun ajaran baru mulai.

Minimnya, jumlah murid ini terus terjadi setiap tahun. Tahun lalu hanya ada delapan siswa yang mendaftar kesekolahnya. "Total hanya ada 52 siswa di sekolah kami saat ini," ungkap Royani, Senin (24/7/2017).

Menurutnya, minimnya jumlah murid di sekolah itu dikarenakan sekolah ini hanya melayani warga di RT 2 Desa Jati Baru.

Sedangkan, Jumlah warga di RT setempat juga tidak banyak. Pihaknya, sudah sampai mendata anak-anak usia SD tahun ini bahkan komite sekolah juga sudah melakukan.

"Kami pun juga janjikan murid yang mendaftar disekolah ini akan mendapatkan hadiah seragam. Tapi, tetap saja karena anaknya memang tidak ada akhirnya yang daftarpun hanya ada empat siswa baru," katanya.

Dikatakannya, Dulu ada dibuat kesepakatan oleh Kepala UPT Pendidikan, warga RT 1 dan 2 mendaftar di SDN Jati 2.

Minimnya jumlah siswa ini berdampak pula terhadap jumlah dana BOS yang mereka terima. Satu tahun, pihaknya hanya menerima dana bos Rp 40 juta sehingga pertriwulan hanya Rp10 juta yang mereka terima.

Halaman
12
Penulis: Hari Widodo
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help