Kriminalitas Kabupaten Banjar

Polres Banjar Amankan Penambang Emas Tanpa Izin di Areal Kebun Karet Desa Baru Mataraman

Jajaran Satreskrim Polres Banjar mengamankan SWD (45) tersangka penambangan tanpa ijin (PETI) dari lokasi tambang di areal kebun karet di Dusun Rejo.

Polres Banjar Amankan Penambang Emas Tanpa Izin di Areal Kebun Karet Desa Baru Mataraman
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete saat memeriksa peralatan milik tersangka pelaku penambangan emas tanpa izin (peti) di Mataraman. 

BANJARMASINPOST. CO. ID.MARTAPURA - Jajaran Satreskrim Polres Banjar mengamankan SWD (45) tersangka penambangan tanpa ijin (PETI) dari lokasi tambang di areal kebun karet di Dusun Rejo Santoso Desa Baru RT 2 Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar.

Pemilik mesin dan lahan tambang itu, terlihat mengenakan sebo penutup wajah.

Selain tersangka, polisi juga mengamankan peralatan tambang berupa mesin sedot, dumping, pipa paralon, geriken, lenggangan, gancu, satu botol air raksa, satu botol kecil berisi pasir hitam bakal emas dan satu mangkuk putih berisi pasir hitam bercampur emas.

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete menjelaskan, SWD diamankan bersama sejumlah pekerja diamankan dalam giat operasi Peti Intan Polda Kalsel 2017.

Aktifitas tambang emas yang dijalankan oleh SWD ini memang telah menjadi target operasi Polres Banjar dalam operasi peti kali ini.

"Tersangka melakukan aktifitas tambang emas di aliran Sungai Takuti yang memanjang dari Tala hingga Kabupaten Banjar. Aktifitas tambang emas mereka ini bisa hasilkan beberapa gram emas perpekannya. Mereka kita amankan karena bekerja tanpa ijin usaha pertambangan, "ungkap Kapolres.(*)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved