BanjarmasinPost/

Ekonomi dan Bisnis

Produk Baru Bikin Penasaran, Persaingan MVP Makin Ketat

Persaingan mobil jenis low multi purpose vehicle ( LMPV) makin keras, terlebih Mitsubishi meluncurkan generasi terbarunya di kelas yang satu ini, yakn

Produk Baru Bikin Penasaran, Persaingan MVP Makin Ketat
Halaman 2 Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Selasa (26/7/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Persaingan mobil jenis low multi purpose vehicle ( LMPV) makin keras, terlebih Mitsubishi meluncurkan generasi terbarunya di kelas yang satu ini, yakni EXpander.

Harga paling murah dibanderol Rp 189 jutaan dan termahal Rp 249 jutaan, Mitsubishi Expander ini akan menempel penjualan Toyota Avanza Daihatsu, Xenia dan Honda Mobilio.

Sales Supervisor Auto 2000 Banjarmasin, Ismail Marzuki mengatakan, setiap ada produk baru pasti mengundang penasaran banyak orang untuk mencoba atau memiliki produk tersebut. Ini akan meningkatkan antusias terhadap fokus penjualan dari diler yang menjualnya. "Tentunya akan ada pergerakan market share yang signifikan dengan produk di kelas MPV," katanya, Selasa (25/7).

Dia mengatakan, memang untuk segmen multi pupose vehichle (MPV) masih menjadi kontribusi pasar terbesar di Indonesia dibanding segmen lainnya. Wajar saja, kalau beberapa agen tunggal pemegang merek (ATPM) roda empat ingin bermain di segmen tersebut.

"Namun perlu diingat, sampai sekarang, Avanza masih menjadi market leader di segmen ini. Walaupun sekarang sudah banyak pabrikan yang bermain di kelas milik Toyota Avanza ini," jelasnya.

Hal ini, menurutnya dikarenakan tingkat kepercayaan customer terhadap merk Toyota dan produk Avanza masih kuat, baik dari segi kualitas produk maupun layanan purna jualnya. Salah satu bagian dari layanan purna jual, adanya beberapa paket servis yang murah.

Selain itu, juga adanya komunitas pemakai Avanza, serta layanan emergency gratis selama lima tahun dari Astra World jika membeli mobil merk Toyota di Auto 2000.

Head Office Marketing Promosi dan Komunikasi PT Wira Megah Profitamas A Yani Km 11, Surya Hidayat mengatakan, kehadiran LMPV Mitsubishi akan berpengaruh pada pilihan konsumen.

"Avanza masih unggul karena memiliki sistem penggerak roda belakang yang dikenal tangguh dan sesuai karakter geografis di Kalsel ini," katanya. Upaya meningkatkan penjualan, pihaknya menggelar Show Room Event pada 29 Juli sampai 30 Juli di J-Co Giant Ektra A Yani Km 7 Banjarmasin.

Supervisor Astra Daihatsu A Yani Km 8, Arham Basri mengatakan, memasuki kuartal ketiga di 2017 ini pihaknya terus menggenjot penjualan, terutama Xenia. "Kami berikan kesempatan uang muka ringan, mulai Rp 20 jutaan. Ada undian liburan ke Jepang bersama pasangan, untuk pembelian Great New Xenia All Tipe di bulan ini," katanya.

Penjualan Xenia di dealer itu rata-rata per bulan 30 unit. Harga Xenia mulai Rp 199.850.000. Dia menambahkan, Great New Xenia adalah riil tujuh kursi dengan nilai multifungsi, dipercaya masyarakat Indonesia sudah teruji sejak 2004 atau sudah selama 12 tahun.

Sales Manager Honda Trio Banjarmasin, Bobby K mengatakan, kehadiran kompetitor baru tidak akan mempengaruhi penjualan Honda Mobilio dan BRV. Dikarenakan Honda mempunyai kelas customer sendiri yang mengutamakan safety dan kenyamanan fitur-fitur penunjang yang belum ada dikelasnya.

"Strategi kami saat ini, memberikan promo-promo menarik untuk customer setia Honda. Seperti, promo Mobilio DP Rp 17 jutaan, diskon Mobilio Rp 30 juta dan bonus menarik lainnya," katanya.

Adapun penjualan Mobilio per bulan rata-rata diatas 70 unit. Ditambahkan Bobby, adanya kompetitor baru, maka masyarakat semakin diberi pilihan mana yang mempunyai nilai jualnya kembali tinggi. (has)

Baca Lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Selasa (26/7/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help