Berita Internasional

Inggris Akan Larang Pemakaian Mobil Bensin Mulai 2040, Ini Tujuannya

Ini juga termasuk di dalamnya adalah potensi penerapan zonasi biaya untuk kendaraan yang paling mengotori udara.

BANJARMASINPOST.CO.ID, LONDON - Pemerintah Inggris mengumumkan pelarangan penggunaan mobil berbahan bakar diesel dan solar pada tahun 2040. Pelarangan ini dimaksudkan guna mengurangi polusi udara.

Mengutip BBC, Rabu (26/7/2017), pemerintah Inggris juga mengalokasikan dana sebesar 225 juta poundsterling untuk membantu pemerintahan lokal dalam menangani emisi kendaraan bermotor.

Ini juga termasuk di dalamnya adalah potensi penerapan zonasi biaya untuk kendaraan yang paling mengotori udara. Pemerintah Inggris pun melirik penggunaan mobil listrik.

Pemerintah juga diminta untuk menerbitkan rencana baru untuk mambasmi penggunaan ilegal polutan berbahaya nitrogen dioksida.

Menteri Lingkungan Inggris Michael Gove menyatakan, pemerintah bakal memberikan dana lebih dari 200 juta poundsterling kepada otoritas lokal guna menghadirkan rencana pengurangan jumlah jalan dengan tingkat polusi yang tinggi.

"Apa yang kami katakan kepada otoritas lokal adalah datang dengan solusi imajinatif terkait proposal ini," ujar Gove.

Terkait dengan kemungkinan pengenaan denda untuk kendaraan tertentu, Gove menuturkan dirinya tak terlalu yakin rencana ini diperlukan. Namun, pemerintah Inggris akan bekerja sama dengan otoritas lokal guna mempertimbangkan pendekatan terbaik.

Direktur Eksekutif Asosiasi Manufaktur dan Perdagangan Otomotif Inggris (SMMT) Mike Hawes menuturkan, permintaan kendaraan berbahan bakar alternatif mengalami pertumbuhan. Akan tetapi, pertumbuhannya masih sangat rendah.

"Sebaliknya, industri ingin pendekatan yang positif yang memberikan insentif bagi konsumen untuk membeli mobil-mobil," ungkap Hawes. (*)

Berita ini telah dipublikasikan di  Kompas.com berjudul: Inggris Akan Larang Penggunaan Mobil Berbahan Bakar Bensin dan Solar

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help