Berita Batola

Raperda Inisiatif untuk Meningkatkan Kualiytas dan inerja Dewan

DPRD Kabupaten Barito Kuala (Batola) telah menyampaikan Raperda inisiatif tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

Raperda Inisiatif untuk Meningkatkan Kualiytas dan inerja Dewan
Ist
Ketua Gabungan Komisi DPRD Batola, H Mahrus Effendi SH MH saat menyampaikan Raperda Inisiatif dewan di DPRD Batola. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - DPRD Kabupaten Barito Kuala (Batola) telah menyampaikan Raperda inisiatif tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

Ketua Gabungan Komisi DPRD Batola, H Mahrus Effendi SH MH mengatakan, tolok ukur keberhasilan DPRD menjalankan amanat rakyat tidak terlepas dari SDM, integritas, dan kredibilitas pimpinan dan anggota DPRD.

Untuk menunjang hal tersebut, katanya, perlu dilakukan koordinasi antara DPRD dan pemerintah daerah agar terjalin hubungan yang baik, harmonis, serta tidak saling mendominasi satu sama lainnya.

Mahrus menjelaskan, untuk dapat berjalannya pola keseimbangan pengelolaan pemerintahan daerah perlu ditunjang kesejahteraan yang memadai.

Melalui pengaturan hak keuangan dan administratif Pimpinan dan Anggota DPRD agar dapat meningkatkan peran dan tanggungjawab lembaga perwakilan rakyat daerah guna meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja DPRD dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat.

Selain itu, katanya, Raperda untuk menata sekretariat fraksi melalai penyediaan sarana, anggaran, dan tenaga ahli fraksi oleh sekretariat DPRD. Begitu pula dalam hal meningkatkan kualitas kinerja alat kelengkapan DPRD diatur pula mengenai
pembentukan kelompok pakar atau tim ahli alat kelengkapan DPRD.

Hak inisiatif ini merupakan tindaklanjut dari PP No. 18 Tahun 2017 pasal 28 bahwa ketentuan mengenai pelaksanaan hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD ditetapkan dengan perda. (*)

Penulis: A Mas Ramadhani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help