Berita Hulu Sungai Selatan

NEWSVIDEO: 40 Hektare Lahan Untuk Pengembangan Bawang Merah

Tanam perdana bawang merah bersama Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry dengan kelompok tani Sait Kuning Desa Kapuh Kecamatan Simpur

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Tanam perdana bawang merah bersama Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry dengan kelompok tani Sait Kuning Desa Kapuh Kecamatan Simpur, Selasa, (25/7/2017).

H Achmad Fikry didampingi Kepala Dinas Pertanian HSS H Fathurahman dan Guru Kapuh KH Riduan Baseri secara langsung menanam bibit bawang merah di lahan yang dikelola oleh Kelompok Tani Sait Kuning.

Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan tanaman bawang merah di lahan kering.

Kepala Dinas Pertanian HSS H Fathurahman mengatakan ada enam kecamatan di HSS yang melakukan penanaman bawang merah. Ada kecamatan Simpur, Padang Batung, Loksado, Telaga Langsat, Sungai Raya, Kalumpang dan Angkinang.

"Untuk mendorong pengembangan bawang merah dilahan kering, tahun ini diberikan bantuan bibit dan pupuk kepada kelompok tani di enam kecamatan," kata Fathurahman.

Dari enam kecamatan itu ada total 40 hektare lahan untuk pengembangan bawang merah. Empat hektare untuk penangkaran dan 36 untuk pengembangan perluasan areal tanam.

Untuk pengembangan areal tanam bawang merah terdapat di Kecamatan Padang Batung 11 hektare, Loksado 14 hektare, Telaga Langsat ada tiga hektare, Sungai Raya enam hektare, Simpur tiga hektare dan Angkinang tiga hektare.

Setiap kelompok tani mendapatkan bantuan bibit bawang merah 800 kg/hektare, pupuk 100 kg/hektare, dan alat pertanian berupa hand traktor.

Ketua Kelompok Tani Sait Kuning Desa Kapuh Masiti Maskur mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih adanya bantuan bibit bawang merah, pupuk dan hand traktor.

"Kita berharap bantuan dan kerjasama ini akan terus berlanjut. Tidak hanya untuk tanaman bawang merah namun juga tanaman lainnya," katanya.

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved