BanjarmasinPost/

Berita Batola

Yadi Lebih Tahu Tentang Asam Urat

Setelah mendengarkan penjelasan tentang hipertensi dan asam urat, Yadi mengatakan menjadi lebih tahu tentang asam urat.

Yadi Lebih Tahu Tentang Asam Urat
banjarmasinpost.co.id/milna sari
KKN FMIPA UNLAM 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Setelah mendengarkan penjelasan tentang hipertensi dan asam urat, Yadi mengatakan menjadi lebih tahu tentang asam urat. Selama ini dirinya hanya tahu penyakit asam urat adalah penyakit yang berdiri sendiri.

Ternyata penyakit asam urat muncul akibat akibat penyakit lain misalnya diabetes, hipertensi maupun kolesterol. "Ternyata asam urat juga bisa karena kita memiliki gen atau riwayat keturunan yang menderita asam urat," ujarnya, Sabtu (29/7/2017).

Bersama dengan warga lain, Yadi mengatakan senang bisa mengetahui lebih banyak tentang asam urat yang selama ini ia derita.

Saat itu, mahasiswa FMIPA ULM yang KKN di Handil Barabai yang merupakan mahasiswa bimbingan Ade Agung Harnawan telah mengadakan kegiatan cek kesehatan gratis berupa cek gula darah dan asam urat yang diadakan bersamaan dengan posyandu balita dan lansia di Handil Barabai, Kecamatan Barambai, Barito Kuala.

Cek kesehatan ini bekerjasama dengan pihak puskesmas setempat.

Hal ini merupakan salah satu bentuk partisipasi dari mahasiswa FMIPA ULM dalam program pemerintah yaitu peningkatan IPKM.

Kegiatan cek kesehatan gratis ini disambut baik oleh warga setempat.

“Warga yang datang untuk posyandu kali ini lebih banyak dari sebelumnya, mungkin karena adanya kegiatan cek kesehatan gratis ini sehingga menarik minat warga," ujar salah satu petugas kesehatan setempat, Novi.

Warga juga terlihat sangat antusias karena banyak yang berebut giliran untuk cek gula darah dan asam urat.

Setelah cek kesehatan gratis juga diadakan penyuluhan tentang hipertensi dan asam urat.

Selain kegiatan tersebut juga ada sosialisasi gosok gigi dan cuci tangan yang baik dan benar untuk anak TK.

"Kita berharap kedatangan kita mahasiswa KKN FMIPA UNLAM ini bisa bermanfaat bagi warga dan anak-anak di Handil Barabai ini," ujar ketua kelompok 12 KKN FMIPA UNLAM, Muhip Locthian.

Penulis: Milna Sari
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help