Workshop X HSE Nasional APKPI

Peserta Bisa Menjadi Agen Perubahan K3 yang Lebih Baik

Untuk kegiatan yang ke-X ini, Kalimantan Selatan mendapatkan kepercayaan untuk mengadakan workshop yang bertempat di di Hotel TreePark Banjarmasin.

Peserta Bisa Menjadi Agen Perubahan K3 yang Lebih Baik
ISTIMEWA
Peserta Workshop X HSE Kalimantan Selatan foto bersama di sela kegiatan yang bertempat di di Hotel TreePark Banjarmasin, pada 28–30 Juli 2017. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) untuk kesekian kali mengadakan Workshop HSE untuk para praktisi keselamatan pertambangan di Indonesia.

Untuk kegiatan yang ke-X ini, Kalimantan Selatan mendapatkan kepercayaan untuk mengadakan workshop yang bertempat di di Hotel TreePark Banjarmasin, pada 28–30 Juli 2017.

Dengan Tema “Peranan Tenaga Ahli K3 dalam memujudkan Management System dan Safety Culture di Lingkungan Perusahaan” diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tenaga K3 di Indonesia umumnya dan area Kalimantan Selatan pada khususnya.

Hadir pada kegiatan ini Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba Ir M Hendrasto MSc yang sekaligus membuka kegiatan workshop ini, didampingi Ir Lidya Hardiani MSi (KASUBDIT Keselamatan Pertambangan Minerba) dan Eko Gunarto Dipl Mech MT (KASUBDIT Pengawasan Teknis Minerba).

Hadir juga perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Selatan Ir Bambang Triwahyudiono MT yang menyampaikan sambutan dari Kepala Dinas ESDM terkait kegiatan ini.

Untuk Pengurus APKPI yang turut hadir pada kegiatan ini adalah Bahtiar Lewai selaku Direktur APKPI, Hari Sutikno Selaku Ketua APKPI Regional Kalsel serta beberapa pengurus dari DPW Kaltim dan Jawa.

Adapun peserta yang hadir pada Workshop ke- X kali ini mencapai 150 peserta, yang di dominasi praktisi K3, KepalaTeknik Tambang (KTT) dan Penanggung Jawab Operasional (PJO) baik PKP2B maupun IUP-OP se Kalimantan Selatan.

Pada kegiatan ini juga dibuka sesi khusus tanya jawab antara KAIT dengan KTT dan PJO terkait dengan pengelolaan K3 dan lingkungan.

Diakhir sesi tanya jawab dilakukan penandatanganan komitmen bersama untuk mendukung kegiatan APKPI di regional Kalimantan Selatan.

Penandatanganan komitmen bersama untuk mendukung kegiatan APKPI di Regional Kalimantan Selatan.
Penandatanganan komitmen bersama untuk mendukung kegiatan APKPI di Regional Kalimantan Selatan. (ISTIMEWA)

Materi yang diberikan pada workshop HSE ke- X adalah:
1. Implementasi SMKP yang efektif untuk mendukungKegiatan Operasional Perusahaan, oleh Eko Gunarto Dipl Mech EMT (KASUBDIT Pengawasan TeknisMinerba

2. Penerapan Kesehatan Kerja dan industrial Hygiene di Industri Pertambangan oleh dr Pricella Maulana MS (Direktur PT Mitra Usaha K3)

3. Membangun Budaya K3-Implementasi Safety Culture oleh Sunarto Suwito (Wakil Direktur II APKPI).

“Kegiatan yang dilaksanaan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan terkait pengelolaan K3 disektor Pertambangan. Dengan diadaknya kegiatan workshop HSE Nasional ini diharapkan mampu memberikan manfaat dalam menyusun Manajemen K3 bagi setiap perusahaan peserta, meminimalkan kecelakaan di lokasi kerja masing–masing peserta, seluruh peserta menjadi agen perubahan K3 yang lebih baik lagi di sekitar perusahaan masing–masing sehingga ke depannya Budaya K3 di Indonesia akan semakin baik," ujar Hari Sutikno selaku Ketua Panita Workshop HSE Nasional APKPI ke-X. (*)

Editor: Yamani Ramlan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help