Info Haji

Jemaah Diingatkan Agar Tidak Berswafoto dengan Unta, Ini Alasannya

Para jemaah yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah diingatkan agar berhati-hati apabila ingin berselfie ria dengan unta.

Jemaah Diingatkan Agar Tidak Berswafoto dengan Unta, Ini Alasannya
Youtube
Peternakan Unta 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA – Para jemaah yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah diingatkan agar berhati-hati apabila ingin berselfie ria dengan binatang khas padang pasir unta, terutama saat berziarah ke tempat-tempat bersejarah.

Menkes Nila F Moeloek mengimbau kepada jemaah haji untuk tidak berswafoto (Selfie) dengan binatang unta untuk mengantisipasi wabah kolera yang terjadi di Yaman, dan saat ini di Arab Saudi sedang mengalami musim panas. Tentunya, kata Menkes, hal ini juga akan banyak resiko bagi jemaah haji Indonesia yang mempunyai iklim yang berbeda.

“Biaskan pola hidup sehat, makan dan minum serta istirahat yang cukup, dan hindari berswafoto (selfie) dengan Unta, fokus saja pada ibadah,” kata Menkes seperti dikutip BPos Online dari situs Kemenag RI.

Saat ini berswafoto (selfie) memang sedang tren dimasyarakat, tak terkecuali dengan jemaah haji yang nanti akan berada ditanah suci, tempat-tempat ziarah, suasana pegunungan bebetuan yang terhampar di tanah Arab pastinya tidak akan luput dari incaran jemaah haji untuk mengabadikan momen yang mungkin tidak bisa didapatkan di tanah air.

Menkes dalam sambutanya juta minta agar jemaah haji senantiasa membiasakan pola hidup sehat denga istirahat yang cukup, menkonsumsi makanan yang cukup, juga minum air yang banyak agat terhindar dari dampak cuaca panas yang musim haji ini menyentuh hampir 48 derajat. Menurut Menkes, saat ini rata-rata jemaah haji berusia lanjut dan berkategori resiko tinggi.

“Biasakan sebelum dan sesudah makan untuk mencuci tangan dengan sabun,” ujar Menkes saat Konferensi Pers usai Pelepasan Jemaah Kloter I di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Jumat (28/07/2017)

Hal senada juga diungkapkan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher dalam kesempatan serupa, dirinya mengimbau agar jemaah selama di Tanah Suci untuk fokus ibadah yang terukur. Niat kita ke tanah suci adalah mendekatkan lebih kepada Allah SWT.

“Fokus niat untuk Ibadah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT,” tutur Ali.(*)

Penulis: Elpianur Achmad
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved