Info Mitra

Kiat Zahra Sasirangan Memodernkan Motif Lama Menjadi Tampilan yang Lebih Segar

Pemilik Zahra Sasirangan, Syaifullah, terus berusaha memadupadankan motif lama kain Sasirangan untuk mendapatkan motif yang lebih modern dan segar.

Kiat Zahra Sasirangan Memodernkan Motif Lama Menjadi Tampilan yang Lebih Segar
Halaman 1 Harian Metro Banjar Edisi Cetak Selasa (1/8/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemilik Zahra Sasirangan, Syaifullah, terus berusaha memadupadankan motif lama kain Sasirangan untuk mendapatkan motif yang lebih modern dan segar. Seperti yang dilakukan dua bulan belakangan ini, dia mengutak-atik motif lama menjadi motif yang mirip seperti batik.

Motif kain Sasirangan yang terlihat seperti motif batik ini sebenarnya adalah motif klasik Naga Balimbur, namun Syaifullah memperkecil ukuran motif dan merapatkannya satu sama lain.

Syaifullah juga mencoba mengkreasikan berbagai warna untuk motif ini, seperti oranye, merah dan hitam pada kain dasar putih, serta biru dan oranye pada dasar kain hijau. Hasilnya didapatkan motif seperti batik yang terlihat simpel namun tetap elegan. Motif ini mendapat sambutan yang baik dari konsumen.

Syaifullah mengatakan, desain kain Sasirangan terus membutuhkan inovasi, baik dari segi motif maupun warna. Ini untuk tetap disukai pasar.

“Motif Sasiragan biasanya bertahan tiga hingga empat bulan, sebelum digantikan dengan tren motif atau warna terbaru. Makanya kami terus mencari paduan motif agar tetap fresh. Walaupun dasarnya dari motif lama, tapi bisa diutak-atik dan dikreasikan sendiri,” ujarnya, Kamis (20/7).

Zahra Sasirangan memiliki cukup banyak pilihan bahan dasar kain dalam produknya. Mulai dari bahan kaus, katun, ATBM, serat nanas, hingga sutera.

"Kami jual per potong kain Sasirangan selebar dua meter mulai harga Rp 65.000 hingga Rp 200.000-an tergantung kerumitan motif, bahan dasar kain, dan banyaknya macam warna yang digunakan," ujarnya.

Di rumahnya di Jalan Sungai Jingah No 35 Rt 6 Banjarmasin, yang sekaligus menjadi galeri penjualan kain Sasirangan, pengunjung dapat langsung memilih produk yang sudah tersusun rapi di rak-rak. Namun banyak juga pengunjung yang datang untuk memesan kain sasirangan dengan desain dan motif yang diinginkan. (acm)

Baca Lengkap di Harian Metro Banjar Edisi Cetak Selasa (1/8/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved